Harga Emas Antam Menguat Saat Politik AS Makin Tak Pasti!

0
482
Copyright ©Okezone

Harga Emas Antam Menguat Saat Politik AS Makin Tak Pasti!

Indowarta.comHarga emas ini telah mencatatkan kenaikan seiring dengan ketidakpastian dari politik di Amerika Serikat (AS). Tidak hanya itu saja, pasar juga telah dipengaruhi oleh testimni pimpinan the Federal Reserve yakni Janet Yellen mengenai kenaikan suku bunga secara bertahap. Harga emas untuk pengiriman bulan Agustus ini telah mengalami kenaikan USD 4,4 atau 0,4 persen menjad USD 1.2910,1 per ounce.

baca juga : Mulai 1 Juli, Tak Ada Lagi 7 Eleven yang Buka di Indonesia!

Analis telah memperkirakan bahwa gejolah yang telah terjadi di Gedung Putih ini telah mendorong pergerakan harga emas. Hal ini juga usai rilis email dari Donald Trump Jr terkait dengan pertemuan dengan kuasa hukum Rusia pada tahun lalu.

Selain itu adanya gejolak ini juga dinilai telah memangkas peluang kebijakan pajak dan juga infrastruktur untuk meningkatkan ekonomi yang sebelumnya telah dijanjikan oleh pihak pemerintah. Chintan Karnani, Analis Insignia Consultans seperti dikutip dari laman Marketwatch pada hari Kamis 13 Juli 2017 telah mengatakan “Berita Trump adalah satu-satunya faktor mendukung harga emas”.

Copyright ©TEMPO

Selain itu dirinya juga telah mengatakan bahwa kenaikan dari harga emas ini juga telah mendorong secara teknikal tidak jatuh di bawah kisara USD 1.200. sebelumnya, setelah pernyataand ari yellen harga emas sendiri sempat mengalami penurunan. Namun harga emas kembali menguat.

baca juga : Berita Terkini: Presiden Jokowi Pastikan Harga BBM Tak Akan Naik Di Bulan Juli!

Karnani mengatakan “Saya perkirakan kenaikan suku bunga pada Oktober jika data tenaga kerja AS laju pertumbuhannya bertahan seperti sekarang”. Di dalam sebuah pidatonya di Capitol Hil, The Federal Reseva ini terus berharap perubahan ekonomi akan menjamin kenaikan suku bunga secara bertahap nanti. Sentimen itu juga telah didorong oleh indeks dolar AS yang telah mengalami kenaikan sebsear 0,1 persen.

Adapun mengenai kenaikan suku bunga ini menurunkan harga emas seiring dengan pelaku pasar akan mengalihkan aset investasi mereka ke saham. Selain itu nilai dolar AS juga akan meningkat apabila tingkat suku bunga tinggi. Hal ini telah berlawanan dengan harga emas. The Federal Reserve sendiri telah memprediksi menaikkan setidaknya sekali lagi suku bunga pada tahun 2017 ini.

baca juga : 

Ini Daftar ‘Pekerjaan Rumah’ Sri Mulyani yang Harus Diselesaikan Usai Libur Panjang Lebaran 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here