Kenapa Ahok Tetap Mendekam di Rutan Mako Brimob?

0
930
Ahok
Copyright©wartakota

Kenapa Ahok Tetap Mendekam di Rutan Mako Brimob?

Indowarta.com – Hingga saat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama alias Ahok masih mendekam di rumah tahanan (Rutan) Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Sebelumnya dikabarkan jika Ahok akan dipindah dan melanjutkan masa hukuman di Rutan Cipinang.

Namun sepertinya pemindahaan Ahok ke Rutan Cipinnag tidak jadi dilakukan karena sejumlah alasan. Mengenai hal ini juga ditanggapi oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly.

Dia mengungkapkan jika masalah yang menyangkut terpidana kasus penodaan agama itu sarat akan emosi. Pasalnya masalah yang menyangkut Ahok ini menghadirkan sejumlah pihak membela dan pihak lain justru menolak keberadaanya.

WAJIB BACA :  Pimpinan Partai Pro Ahok Tak Hadiri Pelantikan Anies Baswedan Sandiaga Uno?

‘Masalah Ahok ini terkait hukumannya serta menyangkut emosi yang sangat tinggi’ ujar Yasonna saat ditemui ketika rapat bersama Komisis II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu, 12 Juli 2017.

Ahok
Copyright©kapanlagi

Sebelumnya mantan Bupati Belitung Timur tersebut rencananaya akan dipindahkan ke Rutan Cipinang dari Mako Brimob. Namun hal tersebut tidak terlaksana karena sejumlah alasan dan salah satunya menyangkut keamanan Ahok di dalam tahanan.

Menurut Yassona di lembaga pemasyarakatan Klas I Cipinnag terdapat dua kelompok yakni kelopmok pemilih Ahok dan non pemilih Ahok. Dua kelompok ini tentunya memiliki sentimen emosioanal yang sangat tinggi usai gelaran Pilkada DKI Jakarta bulan lalu.

Bahkan ada narapidana yang tak menudkung Ahok secara langsung mengancam akan melakukan sesuatu jika terpidana kasus penodaan agama itu benar ditempatkan di rutan Cipinang. Yasonna sendiri mengungkapkan jika dalam lapas terdapat 50 : 50 yang mendukung Ahok dan tidak.

WAJIB BACA :  Pimpinan Partai Pro Ahok Tak Hadiri Pelantikan Anies Baswedan Sandiaga Uno?

Selain itu alasan lain tidak dilakukannnya pemindahan karena Lapas Cipinang termasuk lapas yang bisa dikatakan melebihi kapasitas. Pasalnya dalam rutan Cipinanag  terdapat ribuan napi dan sel serta petugas yang ada tak sebanding dnegan jumlah napi tersebut. Dengan petugas yang sedikit juga membuat potensi kerusuhan dan baku hantam sangat tinggi.

Sementara itu Ahok sempat ditahan di Rutan Cipinang setelah divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Namun pada hari yang sama dia dipindahkan ke Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Saat itu Ahok maupun jaksa tak mengajukan banding atas putusan majelis hakim dan Ahok tetap menjalai pidana dua tahun kurungan penjara di rutan Brimob.

baca juga : Ahok Akan Segera Dieksekusi Ke LP Cipinang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here