Melawan Siapapun, Ridwan Kamil Tetap Unggul Menurut Survey SMRC!

0
419
Ridwan Kamil
Copyright ©nusanews

Melawan Siapapun, Ridwan Kamil Tetap Unggul Menurut Survey SMRC!

Indowarta.com – Sejumlah lembaga survei mencoba membandingkan mana yang lebih unggul dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat tahun depan. Salah satu lembaga survei tersebut menyebutkan jika Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil akan tetap unggul dalam Pilgub Jabar 2018 nanti.

Survei tersebut diadakan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan memperlihatkan jika Ridwan Kamil masih unggul dari sisi elektabilitas. Dari hasil survei itu menyebutkan siapapun lawan Ridwan di Pilgub Jabar nanti dia akan tetap unggul.

Mengenai hasil survei ini disampaikn oleh peneliti SMRC Irvanisata berada di Jakarta Pusat pada Kamis 13 Juli 2017. Dalam pembacaan hasil survei tersebut juga nampak dihadiri oleh Ketua DPW Naswdem Jawa Barat Saan Mustopa. Kemduian juga terlihat Imelda Sari (Ketua Divisi Komunikasi Demokrat) dan Andreas Hugo Pareira (Ketua DPP PDI Perjuangan).

Survei tersebut dilakukan mulai pertengahan bulan Juni 2017 dengan menggait 820 orang responden. Orang-orang yang terlibat tersebut dipilih melalui metide multistage random sampling yang dilakukan langsung oleh SMRC.

Ridwan Kamil
Copyright ©detik

Dalam survei tersebut dinyatakan Margin of eror sebesar kurang lebih 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan hingga 95 persen. Dari hali survei menunjukan kisaran berapa persen suara yang didapat oleh para calon Gubernur Jabar nanti.

Dari hasil survei tersebut menunjukan elektabilitas sendainya Pilgub Jabar 2018 dilkukan masih menempatkan Ridwan kamil diposisi teratas. Terlihat  Ridwan Kamil (31,4  persen), Deddy Mizwar (13 persen), Dedi mulyadi (12,3 persen), Dede Yusuf (8,3 persen) dan Aa Gym (7,3 persen).

Selain melihat dari elektabilitas SMRC juga melakukan simulasi satu lawan satu (head to head) di Pilgub Jabar 2018,. Responden diminta memilih anata Ridwan kamil yang memiliki suara eleksabilitas tertinggi dengan lawan lainnya.

Hasilnya menunjukan Ridwan Kamil (49 persen) vs Deddy Mizwar (36,8 persen), Ridwan Kamil (57,7 persen) vs dedi Mulyadi (22,2 persen) dan Ridwan kamil (60,8 persen) vs Aa Gym (22,6 persen). Namun meskipun Ridwan Kamil lebih unggul dalam eleksablitas namun dirinya masih kalah popular dengan calon lainnya.

Terecatat hanya sekitar 75 persen warga yang mengaku megenal Ridwan Kamil. Sedangakan warga mengaku mengenal Aa Gym sebanyak 96 persen dan Deddy Mzwar sebanyak 92 persen.

baac juga : Partai Demokrat Jatim Beri Sinyal Usung Gus Ipul dengan Syarat Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here