PDIP Incar Posisi Menteri BUMN Saat Muncul Isu Adanya Reshuffle Kabinet!

0
400
Reshuffle Kabinet
Copyright ©katadata

PDIP Incar Posisi Menteri BUMN Saat Muncul Isu Adanya Reshuffle Kabinet!

Indowarta.com – Kali ini isu adanya Reshuffle Kabinet atau perombakan kabinet kembali muncul. Bakan kali ini Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) telah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) supaya Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno segera diberhentikan dari jabatanya.

Munurut PDI Perjuangan, Rini kerap kali mengambil kebijakan yang bertentangan dengan janji Presiden Jokowi. Hal ini dikatakan langsung oleh Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Krisyanto saat ditemui pada Kamis, 13 Juli 2017.

‘Kami memberikan masukan tersebut, Kami lakukan itu karena kinerja tidak sama dengan kebijakan politik ekonomi yang di berikan oleh Presiden’ ujarnya.

Hasto juga mengatakan jika wajar saja sejumlah petinggi PDIP memberikan sejumlah masukan yang berkaitan dengan kinerja pemerintahan karena partai ini merupakan partai pengusung utama Jokowi. Ada beberapa kebijakan dari Menteri Rini Soemarno yang dianggap bertentangan dengan janji Presiden Jokowi.

Reshuffle Kabinet
Copyright ©tempo nasional

Salah satunya yakni terkait usulan pernyataan modal negara yang jumlahnya sagat besar untuk sejumlah BUMN. Tercatat selama tahun 2016 negara sudah mengucurkan dana untuk perusahaan milik negara tersebut dengan nilai kurang lebih Rp 115 triliun.

Bukan dari alasan itu saja PDIP meminta adanya Reshuffle Kabinet dengan mencopot Menteri BUMN. Partai dengan lambang kepala banteng itu beralasan karena melihat hasil audit investigasi Badan Pemerikasaan Keuangan.

Dalam hal tersebut Rini disebut-sebut bertanggung jawab atas pengerjaan proyek pengelolaan terminal peti kemas Jakarta International Terminal PT Pelabuhan Indonesia II dengan Hutchison ort Holdings.  Rini sendiri dalam proyek tersebut dianggap telah merugikan negara hingga Rp 4,08 triliun.

Namun disi lain hal ini juga ditanggapi oleh Wakil Sekertaris Jenderal Ahmad Basrah dengan mengatakan bantahan menyodorkan nama Rini. Dia justru mentatakan partainya berharap supaya mendapat tambahan kursi dalam kabinet kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Sementara itu PDIP meminta adanya Reshuffle Kabinet dengan Rini yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN dicopot dari jabatannya. Informasi terkait adanya perombakan kabinet ini sudah muncul beberapa kali. Padahal kabinet kerja baru pemerintahan Jokowi-JK ini baru saja dibentuk sekitar sembilan bulan lalu.

Sedangkan PDI perjuangan juga tercatat dalam reshuffle jilid ke dua mengemukakan jika pihaknya menginginkan Menteri Perindustrian dna Perdagangan era Presiden Megawati Soekarnoputri di depak.  Presiden Jokowi sendiri emnagggapi hal ini dan menyatakan tak akan merombak kabinet dalam pekan ini.

baca juga : Tanggapan JK Soal Isu Yang Muncul Mengenai Reshuffle Kabinet!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here