KPK Panggil Setya Novanto dan Keponakan Soal Kasus E KTP!

0
705
Copyright©Liputan6

KPK Panggil Setya Novanto dan Keponakan Soal Kasus E KTP!

Indowarta.com– Komisi Pemberantasan Korupsi yakni KPK telah menjadwalkan ulang waktu pemeriksaan Ketua DPR RI yakni Setya Novanto. Sedianya Setya Novanto akan menjalani pemeriksan sebagai saksi untuk kasus korupsi proyek E KTP pada hari Jumat 14 Juli 2017.

baca juga : KPK Kantongi Sketsa Wajah Terduga Pelaku Penyiraman Novel Baswedan!

Juru Bicara KPK yakni Febri Diansyah pada saat dikonfirmasi telah mengatakan “Hari ini penyidik mengagendakan pemeriksaan untuk 4 saksi dalam kasus KTP Elektronik untuk tersangka AA”. Tidak hanya itu saja, KPK juga akan memanggil keponakan Setya Novanto yakni Ivanto Hendra Pambudi Cahyo, pihak swasta yakni Oka Masagung dan Muda Iksan Harahap.

Sebelum Setya Novanto sendiri telah mengirimkan surat keterangan sakit dan juga telah meminta penundaah waktu pemeriksaan. Surat yang telah dikirimkan itu juga telah dilengkapi dengan surat keterangan dokter juga.

setya-novanto
Copyrigth©Republika

Setya Novanto dan yang lainnya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Andi Agustinus atau yang dikenal dengan nama Andi Narogong yang merupakan pengusaha pelaksana proyek E KTP. Jaksa KPK sendiri merasa yakin bahwa ada peran Setya Novanto di balik korupsi E KTP yang bernilai Rp 5,9 triliun ini. Jaksa merasa yakin bahwa tindak pidana korupsi yang telah merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun ini dilakukan bersama dengan Setya Novanto.

baca juga : Berita Terkini: Kasus Korupsi E-KTP, Yasonna Laoly Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

Diduga dalam korupsi proyek E KTP ini, Setya Novanto mempunyai pengaruh dalam proses penganggaran pada Komisi II DPR RI. Terlebih lagi bahwa Ketua Komisi II DPR pada saat itu yakni Burhanuddin Napitupulu merupakan anggota dari fraksi partai Golkar. Berdasarkand ari surat tuntutan jaksa, Setya Novanto telah disebutkan menerima jatah dana sebanyak 11 persen dari nilai proyek yakni Rp 574 miliar.

Sebelumnya terdakwa kasus korupsi E KTP yakni Irman telah melayangkan bantahannya terhadap seluruh keterangan yang telah diberikan oleh Andi Narogong. Salah satunya adalah mengenai kaitan dan juga peran dari salah satu politisi dari partai Golkar ini yakni Setya Novanto. Irman saat diberikan kesempatan oleh majelis hakim untuk menyampaikan keberatan mengatakan “Ada banyak sekali keberatan saya. Banyak keterangan saksi yang tidak sesuai fakta”.

baca juga : 

KPK Punya Bukti Ganjar Pranowo Ikut Terlibat Dalam Kasus E KTP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here