Gempa 5 SR di Padangsidempuan Bikin Warga Panik!

0
621
gempa
Copyrigth©merdeka

Gempa 5 SR di Padangsidempuan Bikin Warga Panik!

Indowarta.com– Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yakni Mochamad Riyadi telah mengatakan bahwa pada hari ini yakni 14 Juli 2017 terjadi gempa tektonik di wilayah Padangsidempuan, Sumatera Utara. Gempa Padangsidempuan ini kurang lebih terjadi pada pukul 08.25 WIB.

baca juga : Awas. .Jangan Percaya dengan Kabar Hoax Soal Penerimaan CPNS!

Gempa Padansidempuan terjadi dengan kekuatan yang mencapai 5 skala richter. Gempa ini telah terjadi di kedalaman 10 kilometer, kurang lebih 14 kilometer arah barat laut kota Padangsidempuan. Riyadi dalam keterangan tertulisnya telah menuliskan “Gempa bumi Padangsidempuan ini merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone), yang dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault),”.

Riyadi sendiri juga telah mengatakan bahwa hingga pukul 09.30 WIB ini berdasarkan dari hasil monitoring BMKG telah menunjukkan bawha adanya aktivitas gempa bumi susulan kejadian dua kali. Riaydi juga memberikan himbauan agar masyarakat sekitar wilayah Kota Padangsidempuan ini merasa tetap tenang dan tidak terpengaruh kepada isu yang tidak benar dan tidak bertanggungjawab (hoax).

Gempa
Copyright©Poskota

Menurut Riyadi, dugaan kuat sesar aktif yang telah menjadi pembangkit gempa bumi ini adalah segmen Angkola. Berdasarkan dari karakteristik catatan gelombang seismik dan mekanisme sumbernya, bisa dilihat bahwa gempa bumi ini memang murni disebabkan oleh aktivitas tektonik dan bukan merupkan aktivitas vulkanik.

baca juga : Fahri Hamzah Yakin Perppu Ormas Akan Dibatalkan!

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana yakni Sutopo Purwo Nugroho telah mengatakan bahwa gempa itu tidak akan berpotensi untuk menimbulkan tsunami. Terkait dengan dampak dari gempa Padangsidempuan yang telah terjadi, Posko BNPB sendiri telah mengkonfirmasi ke BPBD dan juga beberapa instansi yang terkait di daerah.

Sutopo sendiri telah menyebutkan bahwa posko BNPB ini masih terus melakukan pemantauan terhadap dampak yang ditimbulkan gempa Padangsidempuan ini. Beberapa daerah yang telah merasakan gempa adalah Kabupaten Padangsidempuan, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau.

baca juga :

BPJS Kesehatan Gelar Bulan Deteksi Dini Kanker!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here