Minggu 16 Juli Nanti, Matahari Akan Melintas Tepat Diatas Kakbah, Saat Perbaiki Arah Kiblat!

0
1430
Arah Kiblat
Copyright©hipwe

Minggu 16 Juli Nanti, Matahari Akan Melintas Tepat Diatas Kakbah, Saat Perbaiki Arah Kiblat!

Indowarta.com – Berdasarkan data yang diperoleh dari ahli Astronomi menyatakan bahwa pada Minggu, 16 Juli 2017 matahari akan melintas tepat diatas Kabbah yang berada di Mekkah. Dengan ini perlu diperhartikan untuk umat muslim khususnya negara Indonesia dalam menentukan Arah Kiblat.

Ketika matahari hari di posisi ini maka bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus yang berdada dimana saja dipastikan akan mengarah ke Kabbah. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa yang jarang terjadi dan belum tentu setiap tahun akan ditemui.

Bisa dikatakan jika peristiwa ini adalah kesempatan yang istimewa bagi umat islam untuk memperbaiki Arah Kiblat agar sesuai dengan baying-bayang benda tegak lurus tersebut. Mengenai hal ini juga dijelaskan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Muhammad Tambrin.

Thambrin menuturkan jika sekitar pukul 16.27 WIB dan 17.27 Wita matahari akan melintas tepat diatas Kabbah. Dia juga menerangkan ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan mengenai kejadian ini termasuk dalam menentukan Arah Kiblat.

Arah Kiblat
Copyright©liputan6

Beberapa yang perlu diperhatikan yakni memastikan jika benda yang menjadi patokan benar-benar tegak lurus agar pasti atau bisa menggunakan lot/bandul. ‘Permukaan dimana benda tersebut berdiri harus benar-benaratar dan rata. Kemudian jam pengukur juga harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom’ ujarnya.

Momen matahari melintas di atas Kabbah ini biasanya merupakan momen dimana untuk memperbaiki Arah Kiblat umat muslim. Fenomena ini sendiri juga dikenal dengan istilah A’dham atau Rasdul Qiblah yang artinya peristiwa dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjukan arah kiblat.

Sementara itu kiblat sendiri merupakan arah yang digunakan untuk menentukan arah shalat bagi umat muslim. Posisi kiblat dipatokan pada Kabbah yang terletak di Masjid Al-Haram, Mekkah. Menghadap kiblat saat menunaikan ibadah wajib sholat merupakan salah satu rukun shalat.

Terkait akan terjadinya peristiwa ini juga dijelaskan oleh Kasubdit Hisab Rukyat Nur Khazin Dit Urais. Dia mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses penentuan Arah Kiblat terkait kejadian ini. Seperti yang dikatakan Thambrin yakni benda yang menjadi patokan haruslah benar-benar berdiri dan tegak lurus, permukaan tempat benda berdiri harus benar-benar rata serta perlu dilakukan penyesuaian waktu dengan BMKG, RRI atau Telkom.

baca juga : Tekanan Batin Dialami Istri Ahli IT Hermansyah yang Diisukan Mantan PSK!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here