CPNS 2017: Kenali Dulu Apa Itu Tes Kesamaptaan!

    0
    2051
    Tes Kesamaptaan
    Copyright©metrosulawesi

    CPNS 2017: Kenali Dulu Apa Itu Tes Kesamaptaan!

    Indowarta.com– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menyatakan bahwa ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh para peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 di Mahkamah Agung dan juga Kementerian Hukum dan HAM. Tahapan seleksi tersebut antara lain adalah seleksi administrasi dan disambungkan dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan juga peserta yang telah berhasil lulus akan berhak untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

    Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi telah mengatakan bahwa berdasarkan dari Permen PANRB No 20/2017 telah disebutkan bahwa SKB ini dilakukan dengan menggunakan CAT dan akan bisa ditambah dengan tes lainnya sesuai degnan kebutuhan jabatan.

    WAJIB BACA :  Pelamar CPNS 2017 Gelombang 2 Sentuh Angka 1,11 Juta!

    Untuk instansi yang masih belum siap melaksanakan seleksi kompetensi bidang dengan menggunakan CAT, maka bisa melakukan minimal dua bentuk tes yakni tes praktik kerja dengan materi dan penguji yang sudah kompeten sesuai dengan kebutuhna instansi dan yang kedua adalah tes fisik atau tes kesamaptaan, psikologis, kesehatan jiwa dan wawancara sesuai dengan perysaratan oleh Jabatan.

    Tes Kesamaptaan
    Copyright©blogspot

    Suwardi dalam keterangan tertulisnya pada hari Jumat 14 Juli 2017 telah menyebutkan “Seperti sudah diumumkan Panitia Seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM, untuk pelamar dari lulusan SLTA sederajat, khususnya untuk penjaga tahanan, SKB akan dilakukan dengan kesamaptaan”.

    Lalu apa itu tes kesamaptaan? Tes kesamaptaan merupakan salah satu tahapan yang seleksi yang hampir sama dengan melakukan tes fisik atau tes kesehatan yang diikuti oleh calon pelamar. Kesamaptaan ini berasal dari kata samapta yang memiliki arti ready atau prepared atau bisa juga dikatakan kesiapan fisik.

    WAJIB BACA :  86 Persen Peserta Tes CPNS Mahkamah Agung Gagal Tes Kompetensi Dasar!

    Tes kesamaptaan ini juga telah dibagi menjadi beberapa jenis yakni seperti push up, sit up, pull up, chining, dan shuttle run. Untuk lari, pada pria biasanya akan meminili maksimal waktu 12 menit dengan minimal jarak tempuh 1.200 meter sedangkan untuk wanita maksimal 14 menit dengan minimal jarak waktu yang sama yakni 1.200 meter.

    baca juga : 

    Ada Puluhan Ribu Lowongan CPNS Tahun 2017, Mana Pilihanmu?

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here