Berita Terkini : TNI Berhasil Selamatkan Kapal Singapura Dari Pembajakan Di Tanjung Puting !

0
1195
TNI AL

Berita Terkini : TNI Berhasil Selamatkan Kapal Singapura Dari Pembajakan Di Tanjung Puting !

indowarta.comTNI Angkatan Laut (AL) berhasil menggagalkan perompakan terhadap KM Hai soon 12 yang berbenderakan Singapura. Perompakan tersebut terjadi di wilayah Tanjung Puting, Kalimantan Selatan. Peristiwa tersebut terjadi pada hari Senin 9 Mei 2016, TNI ALL membawa KRI Untung Suropati.

Setelah menerima informasi dari Badan Keamanan Laut (Bakamia) TNI langsung bergerak dan melakukan pengejaran dan juga Shadowing terhadap MV hai Soon 12. Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto.

Hasilnya adalah TNI berhasil menggagalkan perompakan dan juga berhasil mengamankan sembilan orang pelaku kejahatan. Dari hasil pemeriksaan, sembilan pelaku perompakan terhadap kapal MV Hai Soon 12 merupakan Warga Negara Indonesia.

Sembilan pelaku perompakan tersebut adalah Mustofa (asalh Buton), Alimudin (asal Buton), Ali (Asal Buton), Anur (asal Bugis), Yanto (asalh Buton), Lalu Andika (asal Buton), Moh. Nurhadi (asal Tanjung Uban), Niko (asal Wakatob) dan juga Agus (Asal Aceh).

TNI AL

Kapal MV soon 12 tersebut bergerak dari Singapura menuju Dumai. Namun pada saat melintas di Selat Karimata tiba-tiba komunikasi menghilang. Akhirnya dengan menggunakan alat Automatic Identification System (AIS) kapal tersebut terdeteksi di wilayah Perairan Tanjung Puting dengan nama yang telah diubah oleh perompak menjadi KM AISO.

Rencaanya para perompak tersebut akan memindahkan sebanyak 200 kilo liter munyak yang dimuat oleh kapal MV Hai Soon 12 ke kapal Malaysia MT Mt Marine Gas Oil. Sembilan perompak tersebut berserta Kapal MV Hai Soon 12 diamankan di KRI Untung Suropati 372 dan dibawa menuju ke Surabaya, Jawa Timur. Hal ini ditujukan untuk melakukan investigasi lebih lanjut.

Sebagai penegak hukum yang tegas, TNI AL akan menindak lanjuti pelanggaran yang terjadi di wilAyah perairan yuridiksi Indonesia. TNI Angkatan Laut akan terus melakukan patroli untuk menjaga keamanan di wilayah teritorial Indonesia. mengingat juga saat ini sedang marak aksi penculikan dan perompakan.

baca juga :

Berita Terkini : Siswi Pelaku Bullying Yang Beredar Luas Di Youtube Dipastikan Tak Lulus Oleh Kepala Sekolah SMAN 3 Jakarta !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here