Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Lulus Tes CPNS 2017!

0
799
CPNS 2017
Copyright ©tempo

Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Lulus Tes CPNS 2017!

Indowarta.com – Siapapun orang yang ingin menjadi pegawai negeri sipil tentunya menginginkan untuk lolos tes. Seperti halnya pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan pemerintah tahun ini. Dalam usaha untuk lolos CPNS 2017 ini mereka calon pendaftar harus menjalani sejumlah tahapan.

Seleksi CPNS 2017 sendiri dilakukan secara bertahap dan akan dilakukan sekitar 30 daerah di Indonesia. Supaya tidak merasa takut dan rendah ketika menghadapi tes CPNS kali ini ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan bagi kalian calon pendaftar.

Pertama yang harus diperhatikan yakni metode pendaftaran calon pegawai negeri sipil. Jika Anda mempunyai keinginan lulus seleksi begitu besar maka tentunya banyak yang harus diperhatikan sebelum melakukan pendaftaran.

Seperti diketahui jika metode pendaftaran CPNS sendiri sejak tahun 2016 sudah dilakukan dengan sistem Computer Assited Test (CAT). Keunggulan sistem ini pelamar dapat secara langsung mengetahui nilai yang telah diperoleh setelah selesai mengerjakan soal.

CPNS 2017
Copyright©blogspot

Tak hanya digunakan pada tes kemampuan dasar (TKD), namun CAT juga digunakan pada tes kemampuan bidang (TKB). Hal itu diputuskan sebagai salah satu bentuk ujian transparan dan terbuka yang lebih baik dibandingkan LJK. Maka dari itu untuk memahami CAT seorang harus  berlatih dengan mengunduh software aplikasi CAT CPNS. Bukan hanya berlatih cara kerja aplikasi namun juga berlatih menjawab soal yang diberikan.

Kemudian yang perlu di perhatikan dalam mengikuti tes CPNS 2017 yakni memperlajari jenis tes. Setiap tes yang diberikan mempunyai ambang batas (passing grade) tersendiri. Berdasarkan ketentuan kali ini diterapkan tiga kelompok materi soal seleksi kompetensi dasar (SKD).

Ketiga kelompok tersebut adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setelah mengikuti ketiga tes tersebut pelamar di haruskan juga mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Namun meskipun begitu tidak semua peserta yang lolos passing grade dapat mengikuti tes SKB ini.

Kemudian yang paling penting sebelum mengikuti pendaftraan CPNS 2017 yakni memepelajari pola soal yang nantinya diberikan. Peserta yang mempunyai niat dan bersungguh-sungguh haruslah mempelajari pola soal dengan tujuan mengetahui pola tes yang digunakan. Setelah seorang sudah mengetahui pola maka dipastikan dia sudah mengetahui alur untuk mengerjakan soal itu sendiri.

baca juga : Ada Puluhan Ribu Lowongan CPNS Tahun 2017, Mana Pilihanmu?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY