20 Orang di Belanda Ini Tanda Tangani Petisi Bebaskan Ahok!

0
1430
Ahok
Copyright©liputan6

20 Orang di Belanda Ini Tanda Tangani Petisi Bebaskan Ahok!

Indowarta.com – Beberapa waktu lalu tiga aktivis dari negeri kincir angin Belanda yakni Chisten Unie, Peter Bransveld bertemu dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Belanda, Mereka mendatangi I Gusti Agung Wesaka Puja, di Den Haag pada Senin, 10 Juli 2017 kemarin.

Kedatangan mereka untuk menyampaikan petisi yang berisikan pembebasan terpidana kasus penodaan agama Basuki Thahaja Purnama alias Ahok. Dalam petisi tesebut ditandatangani oleh 20 ribu orang yang menuntut supaya Ahok segera dibebaskan dari tahanan.

Menurut Voordewind menyampaikan jika pernyataan tersebut dipastikan akan sampai ke pemerintahan Indonesia oleh Dubes Indonesia untuk Belanda, I Gusti Agung Weseka Puja. ‘Dubes berjanji secara personal akan menyampaikan petisi kami ke pihak pemerintahan’ ujarnya pada Kamis, 13 Juli 2017.

Seperti diketahui jika sejumlah pihak melakukan penolakan terkait vonis penjara yang dijatuhkan untuk Ahok. Seperti yang halnya kampanye bertajuk ‘Red Ahok!’ yang diluncurkan pada 20 Mei 2017 lalu. Kampanye ini diluncurkan bertepatan dua pekan setelah mantan Gubernur DKI Jakarta itu dilaporkan masuk penjara.

Ahok
Copyright©winnetnews

Menurut informasi tersebut petisi itu memang ditujukan untuk Ahok yang kini tengah mendekap di penjara. Petisi yang ditandtangani oleh 20 ribu orang itu meminta sejumlah hal kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Salah satu yang diminta yakni supaya Ahok segera dibebaskan dari penjara dan dibersihkan dari segala tuduhan. Kemudian didalam petisi itu juga meminta supaya keluarga, rekan dan pendukung Ahok dilindungi terhadap segala serangan yang dimungkinkan akan dilakukan oleh lawan politik.

Sedangkan menurut keterangan dari Voordewind mengatakan jika hanya dalam waktu beberapa pekan saja pihaknya sudah mengumpulkan 15 ribu tanda tangan dukungan. ‘Kami sangat bersyukur karena banyak orang yang ikut menandatangani petisi ini. Itu menunjukan kemarahan mereka terhadap kriminalisasi kepada Ahok yang beragama nonmuslim’ ujarnya.

Sementara itu Ahok sendiri menjadi sorotan setelah terjerat kasus dugaan penodaan agama. Dia divonis 2 tahun penjara beberapa bulan lalu dan diputuskan bersalah dalam kasus tersebut oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Sedangkan Voordewind mengatakan jika kasus Ahok ini juga mendapat perhatian di Eropa. Dia mengatakan jika petisi tersebut tak hanya diluncurkan di Belanda namun juga dilakukan oleh masyarakat internasional lainnya.

baca juga : KPK Janji Tak Akan Mengecewakan Saat Tangani Kasus E KTP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here