Mendes PPDT Janjikan Tambahan Dan Untuk Desa Senilai Rp 16 Miliar!

0
211
PDTt
Copyright©jabarnews

Mendes PDTT Janjikan Tambahan Dan Untuk Desa Senilai Rp 16 Miliar!

Indowarta.comKementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal & Transmigrasi (PPDT) ini telah berjanji akan memberikan tambahan dana sebesar Rp 1,6 miliar untuk desa tertinggal yang telah berhasil menjalankan empat program unggulan yang sudah dicanangkan. Jumlah itu pun telah mengalami kenaikan dua kali lipat dari nilai BumDes yang kini sudah ruti disalurkan setiap tahunnya.

baca juga : Ketua Geng Motor Bekasi Akhirnya Tewas Diamuk Massa!

Menteri Desa, PDTT Eko Putro Sandjojo saat menghadiri acara 1 tahun Inaker Fun Bike di Lapangan Gendengan, Margodadi, Seyegan, Sleman, DI Yogyakarta pada hari Minggu 16 Juli 2017 telah mengatakan “Penyaluran Dana Desa saat ini berkisar Rp 800 juta, tapi kita akan kasi dua kali lipat kepada desa yang berhasil menjalankan empat program unggulan, dana desanya akan kita naikkan, dan itu bisa mencapai Rp 1,6 miliar. Tapi kalau nggak berhasil, ya tidak kita naikkan”.

Empat program yang dimaksud adalah yang pertama Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades). Dengan ini diharapkan akan bisa menghasilkan skala ekonomi yang besar. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalkan maraknya kehadiran dari para tengkulak yang telah menjual hasil panen dan menekan para petani di beberapa pedesaan.

PDTt
Copyright©terbitsport

Eko telah mengatakan  bahwa nanti desa akan diminta untuk bisa menentukan produk unggulan mereka dan bisa berfokus untuk mengembangkan hal itu. Dengan fokus pada produk unggulan ini, maka telah diharapkan terdapat peningkatan skala produksi yang sangat tinggi.

Selain itu tiga program unggulan dari Kemendes PDTT yang lainnya ini adalah mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membangun embung air desa dan juga membangun saran olahraga desa. Eko menerangkan “Satgas Dana Desa juga akan mendorong dan mengingatkan agar para kepala desa menjalankan empat program unggulan Kemendes PDTT. Selain itu, Satgas juga akan tetap menjalankan tugas utamanya, yakni mengawasi dan mencegah adanya penyelewengan dana desa”.

baca juga : Berita Terkini: Bukti Bahwa Penjual Motor Roda Tiga di Surabaya Adalah Palsu!

Secara garis besar, adanya percepatan pembangunan di desa tersebu tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para tenaga kerja produktif di desa  yang khususnya adalah para pemuda.

baca juga : 

CPNS 2017: Kenali Dulu Apa Itu Tes Kesamaptaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here