Sepekan Ini, BMKG Sebut Indonesia Telah Diguncang Gempa Selama 9 Kali!

0
477
Gempa
Copyright©detik

Sepekan Ini, BMKG Sebut Indonesia Telah Diguncang Gempa Selama 9 Kali!

Indowarta.com – Gempa bumi menjadi hal yang sudah tak asing lagi bagi negara Indonesia. Gempa kerap kali terjadi disejumlah wilayah di tanah air karena Indonesia sendiri terletak pada pertemuan dua lempeng bumi. Tercatat dalam satu pekan terakhir Gempa signifikan terjadi sebanyak 9 kali di sejumlah wilayah.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan adanya aktivitas seismic di Indonesia dan dinilai masih dalam batas kewajaran. Hal ini disampikan langsung oleh Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono.

Dalam keterangan tetulinya ia menyatakan jika serentetan 9 gempa dalam satu pekan tersebut masih dalam taraf wajar dan tak saling berkiatan. ‘Serentetan gempa itu masih dalam taraf wajar dan tak ada hubungannya satu gempa dengan gempa yang lainnya’ ujarnya pada Minggu, 16 Juli 2017.

Daryono juga mengungkapan jika serentetan Gempa dalam sepekan ini tejadi di zona sumber masing-masing. Sehingga gempa yang akan terjadi selanjutknya belum bisa terdeteksi karena sumber dari gempa itu tidak saling berkaitan.

Gempa
Copyright©nasional

‘Gempa terjadi di zona sumber gempa masing-maisng. Gempa itu terjadi karena memang sudah waktunya pada zona tersebut mengalami pelepasan medan tegangan kerak bumi dan kita tak bisa memprediksi daerah selanjutnya yang akan terjadi gempa’ sambungnya.

Menurut Kepala BMKG ini menyatakan jika 9 gempa bumi yang terjadi dalam sepekan kemarin tidak menimbulkan banyak kerusakan dan korban jiwa. Menurut pengakuan dari Daryono sampai saat ini pihaknya masih melakukan monitoring aktivitas gempa serta akan memberikan informasi terhadap masyarakat nantinya.

Sedangkan berdasarkan perkembangan terakhir menunjukan jika gempa ke-9 terjadi di Pulau Buru Selatan dengan kekuatan M 4,4. Dia mengungkapkan jika gempa tersebut juga dirasakan oleh warga sekitar wilayah Pulau Buru.

Tercatat ada sembilan daerah yang terkena Gempa dalam waktu sepekan terakhir. Getaran gempa tersebut mengguncang berapa wilayah di Indonesia mulai dari pulau Sumatera, Jawa Hingga Kalimantan.

Berikut 9 daerah yang terkena gempa dalam waktu sepekan :

  1. Gempa Donggala M 3,3 (10 Juli 2017)
  2. Gempa Selatan Jawa Barat M 4,5 (11 Juli 2017)
  3. Gempa Sidikalang M 4,0 (11 Juli 2017)
  4. Gempa Sorong M 4,0 (11 Juli 2017)
  5. Gempa Selatan Jawa barat M 4,9 (13 Juli 2017)
  6. Gempa Bima M 5,1 (13 Juli 2017)
  7. Gempa Padang Sidempuan M 5,0 (14 Juli 2017)
  8. Gempa Gorontalo M 5,9 (15 Juli 2017)
  9. Gempa Pulau Buru Selatan M 4,4 (16 Juli 2017).

baca Juga: Berita Terkini: 7 Gempa Susulan Guncang Kawah Sileri Gunung Dieng!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY