Kominfo Bantah Situsnya Sedang Diretas’ Indonesia Mundur 10 Abad’!

0
198
Kominfo
Copyright©ccn Indonesia

Kominfo Bantah Situsnya Sedang Diretas’ Indonesia Mundur 10 Abad’!

Indowarta.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkoninfo) memastikan jika situs Direktorat E-Bussiness dengan tautan pse.kominfo.go.id tak terkena retas. Kominfo menyampaikan hal ini karena sebelumnya terdapat oknum yang mengunggah gambar kedalam situs sehingga terlihat seprti diretas.

Mengenai hal ini dijelaskan langsung oleh pelaksanan Tugas Kepala Biro Humas Kominfo, Noor Izza ketika dimintai keterangan. Dia menuturkan jika terdpaat file masuk ke dalam situs dan file tersebut  menampilkan gambar situs yang terkena retas.

Dia mengatakan jika situnya tak terkena retas dan hingga saat ini situs masih dalam kondisi normal serta masih bisa diakses. ‘Web Kominfo tidak terkena hack, tapi ada orang yang memasukan file yang memperlihatkan gambar didalam situs yang tekena hack’ ujarnya.

Sementara itu Kominfo sendiri sebelumnya yakni pada tanggal 14 Juli 2017 meminta kepada Internet Service Provider (ISP) untuk melakukan pemblokiran terhadap sebelas Domain Name Sistem (DNS) milik Telegram. Pemblokiran tersebut diminta terkait banyaknya konten bermuatan negatif seperti radikalisme dan terorisme pada layanan tersebut.

Kominfo
Copyright©ccn Indonesia

Ke-11 DNS tersebut diblokir karena dianggap bermuatan propaganda radikalisme, terorisme, paham kebencian, ajakan atau cara merakit bom, cara melakukan penyerangan dan lainya yang bertentangan dengan undnag-undnag di Indonesia. Dampak dari pemblokiran tersebut ialah tidak dapat diaksesnya layanan Telegram versi web atau dengan komputer.

Mengenai pemblokiran telegram ini juga dijelaskan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Samuel A. Pangarep. Dia mengatakan jika aplikasi telegram ini dapat membahayakan keamanan negara karena tidak menyediakan Standart Operating Procedure (SOP) untuk menagkal kasus terorisme di situs mereka.

Sedangkan hingga kini Kominfo masih melakukan pencarian pelaku pengunggah berkas yang dianggap banyak orang jika situs mereka telah di retas ini. Telah di bentuk tim dan pengecekan telah dilakukan pada situs tersebut. Namun Noor sendiri masih enggan memberikan komentar lebih lanjut terkait kejadian ini.

Sebelumnya di situs resmi milik Kominfo telah beredar unggahan gambar screnshoot yang menunjukan jika situs tersebut telah diretas. Nampak pada tautan itu bertuliskan ‘Solusi itu blokir..Indonesia mudur 10 Abad’. Kemudian juga disebutkan jika situs tersebut diretas oleh Typical Idoiot Security.

baca juga : Cerita Dibalik Pemblokiran Telegram di Indonesia!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY