Hebohnya Pernikahan Sejoli yang Masih dibawah Umur di Bulukamba Sulawesi Selatan!

0
484
Pernikahan dibawah Umur
Copyright©rancah post

Hebohnya Pernikahan Sejoli yang Masih dibawah Umur di Bulukamba Sulawesi Selatan!

Indowarta.com – Dua sejoli yang masih dibawah umur tepatnya masing-masing berusia 14 tahun melangsungkan pernikahan. Pernikahan dibawah Umur ini dilakukan oleh dua orang bocah bernama Awal Rahman dan Awali Mar’ah pada Kamis, 13 Juli 2017 lalu.

Pernikahan dibawah umur ini terjadi di Desa Barong Rappoa, Kecamatan Kindang, Bulukumba, Selawei Selatan. Mempelai pria maupun wanita tersebut bisa dikatakan masih dalam kategori anak-anak dibawah umur dan kedunya diketahui telah menjalin hubungan atau berpacaran selama 2 tahun.

Awal Rohman merupakan warga dari Desa Kidang mempersunting kekasihnya Awalia Mar’ah warga Desa Tombolu Kabupaten Bantaeng. Awal mempersunting Awalia kala itu dengan mahar berupa uang RP 30 juta dan beberapa pikul beras.

Sedangka pesta pernikahan dua sejoli ini belangsung meriah di daerah Kidang tepatnya di lereng pegunungan Lompobattang sekitar 35 kilometer dari Kota Bulukumba. Dan pernikahan ini pun langsung menghebohkan publik terutama dunia maya setelah foto kedua mempelai yang merupakan bocah dibawah umur ini beredar.

Pernikahan dibawah Umur
Copyright©rancah post

Lantas informasi terkait Pernikahan dibawah Umur juga dijelaskan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kidang, Kaimuddin. Ketika dimintai konfirmasi dia mengatakan jika pernikahan dua bocah tersebut tidak terdaftarkan di KUA Kidang maupun KUA Tompobulu. Menurutnya pernikahan tersebut tidak terdaftar di KUA karena tidak memenuhi syarat dalam Undnag-Undang pernikahan.

‘Kalau dilihat dari hukum di Indonesia pernikahan ini tidak sah. Dikatakan seperti itu karena tidak tercatat di KAU dan apabila diajukan di KUA juga akan ditolak karena keduanya belum cukup umur. Yang jelas namanya tak terdaftar dan mereka menikah siri serta tak punya buku nikah’ ucap Kaimuddin.

Menurut Kaimuddin pernikahan tersebut akan sah jika memenuhi syariat islam. Dia mengatakan jika memenuhi empat syarat rukun pernikahan dalam islam maka pernikahan tersebut sah secara agama. Keempat syarat tersebut yakni ada laki-laki dan perempuan yang akan menikah, ada saksi, ada ijab Kabul serta telah mendapat persetujuan dari wali orang tua perempuan.

Pernikahan dibawah Umur yang dilakukan oleh Awal dan Awaliah ini pun tengah menjadi bahan perbincangan di dunia maya. Sedangkan pihak keluarga keduaya sendiri enggan berkomentar setelah foto pernikahan anaknya tersebar di dunia maya dan mendapat banyak pertanyaan.

Menurut aturan di Indonesia pernikahan semacam ini boleh dilakukan asalkan dengan mengajukan dispensasi ke Pengadilan Agama. Pengajuan tersebut nantinya akan dinilai oleh Majelis Hakim apakah anak tersebut bisa melanjutkan pernikahan atau tidak. Akan ditentukan kriteria yakni bentuk fisik seperti orang dewasa dan secara kejiwaan siap mengarungi bahtera rumah tangga atau tidak.

baca juga : Viralnya Video Youtube Hot TKW Alami Pelecehan Oleh Majikan Ketika Di Dapur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here