Saat Pemblokiran Telegram Dinilai Tak Begitu Efektif!

0
466
Telegram
Copyright©kompas

Saat Pemblokiran Telegram Dinilai Tak Begitu Efektif!

Indowarta.com– Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memblokir aplikasi pengirim Telegram. Hal ini karena alasan aplikasi tersebut seringkali telah digunakan oleh anggota grup radikalilsme dan juga terorisme untuk saling berkomunikasi.

Walaupun demikian, langkah itu dianggap memanglah kurang tepat oleh salah satu pakar IT yakni Onno W Purbo. Selain itu Onno juga telah menyebutkan bawha pemblokiran yang telah dilakukan oleh pemerintah ini tidak terlalu efektif.

Onno kepada salah satu awak media mengatakan “Kalau menurut saya sih prosedurnya lebih baik minta semua chat, Telegram, WhatsApp,Line, dan lain-lain untuk bisa konfirmasi. Kalau ada chat yang radikal, mendingan user yang bikin perkara didepak, bukan aplikasi atau web-nya yang diblokir”.

Telegram
Copyright©tmpo

Tidak hanya itu saja, Onno juga telah menambahkan bahwa meskipun aplikasi Telegram ini telah diblokir oleh pemerintah, para pelaku teroris yang telah menjadi incaran dari pemerintah ini kemungkinan besar akan beralih ke aplikasi yang lainnya. Oleh sebab itu dinilai bahwa pemblokiran ini akan bisa menjadi sia-sia.

Onno juga berpendapat bahwa ada cara lain yang bisa ditempuh oleh pemerintah untuk bisa menangkal gerakan propaganda grup teroris dan radikal. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan cara melacak gerakan tersebut, menangkap pelaku, dan juga memblokir konten yang telah dibuat. Dengan begitu, fasilitas dari aplikasi Telegram ini masih akan bisa dinikmati oleh masyarakat.

Selain itu Onno juga telah memberikan saran kepada masyarakat Indonesia untuk iktu berperan scara aktif di dalam memberantas konten radikalisme di dunia maya. Cara yang bisa ditempuh adalan dengan memperbanyak lagi konten yang positif sehingga dunia maya ini bisa menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya.

Onno mengatakan “Mendingan kita membanjiri dunia maya dengan konten-konten positif agar menjadi lebih enak digunakan”. Onno mengatak masyarakat Indonesia untuk beralih menggunakan aplikasi messenger PesanKita yang merupakan karya dari anak bangsa sendiri. Aplikasi perpesanan PesanKita ini sudah tersedia di Google Store.

baca juga : 

FB Siap Uji Iklan Messenger Ke Berbagai Belahan Dunia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here