Deretan Aturan Seleksi CPNS Di Pemprov Kalimantan Utara!

0
817
kenapa Penerimaan CPNS Tak Urung Dibuka Juga ?
Copyrigth©Liputan6

Deretan Aturan Seleksi CPNS Di Pemprov Kalimantan Utara!

Indowarta.com– Sistem pelaksanaan dari seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara ini akan digelar pada waktu yang dekat ini. Pada seleksi ini masih menggunakan sistem yang sama seperti seleksi serupa yang sudah diadakan pada tahun 2014 yang lalu.

baca juga : Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Lulus Tes CPNS 2017!

Muhammad Ishak yang merupakan Kepala BKD Kalimantan telah memastikan bahwa pelaksanaan dari seleksi ini akan menggunakan sistem daring online baik dari proses seleksi maupun di dalam proses seleksi administrasi maupun di dalam porses seleksi kompetensi dasar nanti.

Ishak pada  hari Senin 17 Juli 2017 telah mengatakan “Tidak ada yang berubah, sama saja seperti seleksi yang lalu. Cuma mungkin yang bisa kita tambahkan adalah seleksi kompetensi bidang (SKB),”. Selseksi kompetensi bidang rencananya juga akan ditambahkah kepada para pelamar yang telah dinyatakan lulus di dalam seleksi kompetensi dasar. Pada tahun 2014 yang lalu tidak dilaksanakan seleksi kompetensi bidang karena beralasan dengan efisiensi waktu.

CPNS 2017
Copyright©lensaremaja

Ishak menjelaskan “Prosesnya kemarin itu sudah dekat masuk bulan Desember. Jadi tes kompetensi bidang tidak jadi diterapkan. Mudah-mudahan kali ini bisa, kalau tahapan dimulai bulan Agustus”.

Di dalam Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017, disebutkan bahwa materi seleksi kompetensi dasar CPNS meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai 4 pilar kebangsaan.

baca juga : Ada Puluhan Ribu Lowongan CPNS Tahun 2017, Mana Pilihanmu?

Selain itu juga akan dilaksanakan juga tes intelegensi umum (TIU) guna menilai mengenai kemampuan verbal, numerik dan juga berpikir secara logis. Ada juga tes karakteristik pribadi untuk menilai integritas diri, kreativitas orientasi pelayanan, kemampuan kerjasama dalam kelompok.

Sementara itu untuk seleksi kompetensi bidang sudah diatur secara khusus.Instansi pembina jabatan fungsional akan menetapkan materi dalam seleksi ini. Untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang telah membidangi urusan jabatan pelaksana.

Di dalam lampiran Permenpan RB Nomo 20 tahun 2017 ini telah dituliskan “Jumlah peserta yang dapat mengikuti seleksi kompetensi bidang paling banyak 3 kali jumlah kebutuhan pada masing-masing jabatan berdasarkan peringkat nilai seleksi kompetensi dasar”.

baca juga : 

CPNS 2017: Kenali Dulu Apa Itu Tes Kesamaptaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here