Formasi CPNS Daerah dan Pusat yang Dibutuhkan Di Tahun 2017!

0
2053
CPNS 2017
Copyright©pojok sulsel

Formasi CPNS Daerah dan Pusat yang Dibutuhkan Di Tahun 2017!

Indowarta.com – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 akan kembali dibuka. Namun penetapan kebutuhan CPNS 2017 secara nasional tahun ini minus growth dan formasi CPNS di daerah maupun pusat telah ditentukan.

Selain harus memenuhi kriteria calon pendaftar CPNS 2017 ini juga memprioritaskan untuk pegawai yang mendukung program Nawacita. Penetapan ini sendiri juga telah dicantumkan dalam Peraturan MenPAN-RB No. 20/2017 tentang kriteria penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2017.

Maka dari itu penetapan kebutuhan pegawai untuk setiap instansi pemerintahan ini pun harus memperhatikan sejumlah hal. Kriteria tersebut diantaranya arah atau rencana strategis pembangunan, mandat organisasi, dan jumlah PNS yang memasuki usia pensiun.

Kemudian ada lagi kriteria lain yakni jumlah PNS yang ada saat ini, rasio belanja pegawai dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), karakteristik atau potensi daerah dan daerah otonomi baru. Sedangkan prioritas jabatan dalam pengadaan CPNS untuk instansi pusat pun memiliki kriteria tersendiri.

CPNS 2017
Copyright©Fajar

Kriterian CPNS 2017 untuk pusat yakni jabatan fungsional dan teknis lain yang menjadi tugas inti atau core bisiness dari instansi. Kemudian mendukung Nawacita serta mendukung rencana pembangunan menengah naisonal (RPJMN).

Sadangkan untuk pemerintahan daerah nantinya akan diprioritaskan untuk guru, dokter, perawat serta sejumlah jabatan yang mempunyai kaitannya dengan infrastruktur. Pernyataan ini juga disampaikan oleh Setyawan Wansaatmadja selaku Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

‘Pada kesempatan tahun ini guru , dokter dan perawat akan diprioritaskan. Selain itu juga akan diprioritaskan sejumlah jabatan lain yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur’ ujarnya pada Senin, 17 Juli 2017.

Setiawan menambahkan jika khusus pada instansi pusat akan dialokasikan formasi untuk putra atau putri terbaik (cumlaude) dari perguruan Tinggi. Akan diambil sekurangya 10 persen dari total alokasi formasi yang sudah ditetapkan. Perguruan tinggi tinggi dan program studi juga harus terakreditasi A atau unggul serta ketika lulus mempunyai keterangan lulus camlaude pada ijazah atau transkip nilai.

Selain itu CPNS 2017 nantinya juga akan dialokasikan untuk penyandang destabilitas dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh instansi maisng-masing. Setiap instanis sendiri diwajibkan mengalokasi dari putra atau putri dari Papua da Papua Barat yang menamatkan pendidikan SD, SMP,dan SMU. Namun itu berlaku untuk garis keturunan atau bapak berasal dari Papua.

baca juga : Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Lulus Tes CPNS 2017!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here