Menyusuri Lengangnya Jalan di Palangka Raya, Calon Ibu Kota RI!

0
1017
palangkaraya
Copyright©detik

Menyusuri Lengangnya Jalan di Palangka Raya, Calon Ibu Kota RI!

Indowarta.com – Pemindahan Ibu Kota pemrintahan Indonesia dari Jakarta ke Palangka Raya kini masih dalam proses pengkajian. Jakarta sendiri dinilai sudah terlalu sempit serta dianggap mengganggu banyak beban sehingga membuat pemerintah mengkaji rencana pemindahan ibu kota ini ke luar Pulau Jawa.

Pemindahan pusat pemerintahan ke Palangka Raya ini tak main-main dan kini sudah mulai direncankan. Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai penanggung jawab.

Presiden Jokowi menujuk Bappenas untuk mengkaji langsung rencana pemindahan ibu kota ini dan pengkajian ini diharapakan akan selesai pada akhir tahun nanti. Kota Palangka Raya yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah menjadi kandidat terkuat calon ibu kota baru Indonesia.

Palangka Raya
Copyrigth©getborneo

Pemerintah daerah Kalimantan tengah sudah menyiapkan lahan seluas 300 ribu hektar (ha) jika memang benar pemerintahan pusat akan memindahkan ibu kota ke daerah mereka. Namun pengkajian pun akan tetap dilakukan mulai dan akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Palangka Raya sendiri terletak di luar Pulau Jawa dan itupun menjadi kandidat agar pembangunan merata serta tidak terpusat di Pulau Jawa. Jalur tercepat yang dapat ditempuh menuju kota ini dari Jakarta ialah melalui jalur udara.

palangkaraya
Copyright©detik

Bandara Tjitik Riwut menadi satu-satunya pintu gerbang yang dapat meyambungkan Jakarta dengan Palangka Raya melalui jalur udara. Kemudian aternatif lain jalan yang dapat ditempuh yakni melaui Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Namun melaui jalur tersebut masih memerlukan waktu tempuh 4 hingga 5 jam untuk sampai di Palangkaraya.

Seperti halnya Jakarta, kota calon ibu kota yang baru ini pun masih menggunakan zona waktu Indoenisa bagian barat. Jadi dipastikan penduduk Jawa ataupun lainnya yang pindah dilokasi ini tak perlu repot mengganti petunjuk waktu mereka.

Sedangkan pusat kota Palangka Raya dengan Badara Tjilik Riwut berjarak sekitar 13 kilometer. Jarak tersebut dapat ditempuh dengan hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kendaraan darat.

Kondisi jalannya sendiri tak sama dengan Jakarta dan jalan dari Badara masih berupa jalan arteri, bukan jalan bebas hambatan (tol). Namun meskipun begitu kondisi jalan sendiri terbilang mulus, tak ditemui lubang atau amblas dan tentunya kendaraan yang lalu lalang tak akan sepadat Jakarta. Jika benar dipindah Jakarta sendiri akan tetap menjadi pusat bisnis seperti layaknnya New York di Amerika Serikat..

baca juga : Masalah yang Dihadapi Palangkaraya Jika Nanti Dijadikan Ibu Kota Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here