Komnas HAM Beri Kecaman Mendalam Atas Aksi Bullying Mahasiswa dan Anak SMP!

0
503
Pelaku Bullying Thamrin City
Copyright©youtube

Komnas HAM Beri Kecaman Mendalam Atas Aksi Bullying Mahasiswa dan Anak SMP!

Indowarta.com – Beberapa waktu terakhir sejumlah aksi Bullying terjadi di Indonesia dan membuat heboh media sosial. Menanggapi hal tersebut Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengutuk keras terjadian aksi bullying ini terutama di dunia pedidikan.

Komnas HAM sendiri menilai pemerintah gagal hadir guna menjamin jika peristiwa yang satu ini tidak terjadi kembali. Hal tersebut terbukti beberapa waktu lalu muncul dua video aksi Bullying di dunia pendidikan yang berbeda lokasi beredar di media sosial.

Video tersebut yakni kasus Bullying seorang mahasiswa bekebutuhan khusus atau autis di Universitas Gunadarma, Depok, Jawa barat. Kemudian yang kedua yakni kasus menimpa bocah sekolah dasar yang di bully oleh pelajar SMP di Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

‘Pemrintah kali ini gagal menjamin kalau peristiwa tersebut (Bullying) tak terulang lagi’ ujar Manager Nasution Komisioner Komnas HAM pada Selasa., 18 Juli 2017.

Bullying
Copyright©hukumonline

Dia mengatakan peringatakan keras terkait kejadian Bullying ini harus diberikan pemerintah kepada pimpinan kampus dan sekolah yang bermaslah. Peringatan tersebut diberikan kepada sekolah lantaran tak mampu mengatasi aksi perudungan ini. Pemerintah perlu melakukan hal tersebut supaya pihak sekolah lebih menanggapi agar peristiwa semacam ini tak terulang di kemudian hari.

Pemerintah harus memperingatkan dan memastikan jika dunia pendidikan Indonesia bebas dari perudungan (Bullying). Apalagi beberapa waktu ini merupakan masa-masa penerimaan mahasiswa atau siswa baru’ sambungnya.

Sebelumnya sempat menjadi viral video aksi bully yang dilakukan oleh tiga orang mahasiswa terhadap seorang mahasiswa lain yang mengidap autis. Peristiwa tersebut diketahui terjadi di lingkungan kampus Gunadarma, Depok , Jawa Barat. Namun pihak kampus sendiri mengaku akan menindaklanjuti kasus pembullyan tersebut dan akan menindak tegas pelaku.

Belum selsai dengan kasus terkait tindakan Bullying itu warganet kembali dihebohkan dengan aksi yang dilakukan oleh pelajar SMP yang melakukan tindakan bully. Pelajar sekolah menengah petama tersebut membully seorang anak perempuan dan seluruh pelaku adalah seorang pelajar wanita.

Lebih parahnya salah seorang pelaku masih berseragam merah putih alias masih duduk di bangku sekolah dasar (SD). Video ini pun menjadi viral di Instagram dan terlihat aksi pembullyan dilakukan saat mereka masih mengenakan atribut sekolah.

baca juga : Fakta Menarik Dibalik Aksi Bullying Mahasiswa Gunadarma!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here