Gempa Berkekuatan 3.7 SR Guncang Bandung, Getarannya Sampai Ke Garut!

0
258
Gempa Filipina
Copyright©reuters

Gempa Berkekuatan 3.7 SR Guncang Bandung, Getarannya Sampai Ke Garut!

Indowarta.comGempa yang memiliki kekuatan 3,7 skala richter ini telah mengguncang wilayah Kabupaten Bandung. Gempa ini telah terjadi pada kurang lebih pukul 12.58 WIB pada hari Selasa 18 Juli 2017. Berdasarkan dari data  yang telah dihimpun dari laman resmi BMKG pusat ini gempa berada di darat 21 kilometer arah tenggara Kabupaten Bandung. Gempa ini memiliki kedalaman hingga 10 kilometer. Di dalam resmi BMKG pusat tersebu tertuliskan “Dirasakan (Skala MMI) : IV Kamojang, II Solokanjeruk”.

baca juga : Pelaku Bullying Universitas Gunadarma diperiksa Rektorat!

Selain itu getaran dari gempa tersebut telah terasa di beberapa wilayah yang terdekat seperti di Kabupaten Garut, Di Desa Cimanganten, Tarogong Kaler, Garut. Warga yang pada saat itu merasa panik pun langsung berhamburan keluar rumah mereka dan juga berteriak agar warga yang lailnnya juga ikut keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Bahkan pada saat terjadi guncangan tersebut pun ada beberapa warga yang berteriak histeris ketakutan pada saat terjadi guncangan gempa tersebut.

Deri Parhan 23 tahun yang merupakan salah satu warga Perum BCA, Desa Cimanganten, Tarogong Kaler, Garut ini telah mengatakan “Tadi saya lagi tiduran di ruang tamu, tiba-tiba ada goncangan yang keras. Saya langsung lari saja ke luar rumah dan berteriak agar warga lain pada keluar. Takutnya terjadi apa-apa,”.

Gempa
Copyright©Poskota

Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi melalui pesan singkat telah menyebutkan bahwa akibat dari gempa ini adalah ada beberapa rumah yang mengalami kerusakan seperti retakan pada tembok dan juga lantai. Dedi menyebutkan bahwa berdasarkan dari data sementara ini rumah yang mengalami kerusakan ringan berjumlah 41 rumah dan yang mengalami kerusakan berat ada 6 rumah. Selain itu ada juga dua masjid yang telah mengalami kerusakan.

baca juga : Deretan Aturan Seleksi CPNS Di Pemprov Kalimantan Utara!

Dedi menyebutkan bahwa sebagian besar  yang mengalami kerusakan ini berada di RW 06 dan RW 07 Desa Laksana dan RW 07 Desa Ibun, Kecamatan Ibun. Dedi mengatakan “Kami bersama pemerintah desa (setempat) masih melakukan pengecekan ke desa lainnya di wilayah Kecamatan Ibun”.

baca juga : 

Saat Pemblokiran Telegram Dinilai Tak Begitu Efektif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here