HTI Galang Dukungan Tolak Perppu Ormas!

0
234
HTI
Copyright©lensaremaja

HTI Galang Dukungan Tolak Perppu Ormas!

Indowarta.com – Kelompok yang akan dibubarkan pemerintah yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) telah melayangkan gugatan uji materi terhadap Peraturan Pemerintah Pengganti Undnag-Undang Nomer 2 tahun 2017. Selain itu HTI juga tengah menggalang dukungan untuk penolakan Perppu tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) ini.

HTI menggalang dukungan salah satunya dengan melobi sejumlah pimpinan Fraksi di DPR. Seperti yang dikatakan oleh Juru Bicara HTI, Ismail Yusanto yang mengungkapkan jika pihaknya telah bertemu dengan Wakil DPR RI, Fadli Zon.

Dalam pertemuan itu Ismail Yusanto mengatakan jika Fadli Zon juga meyatakan sikap penolakan terhadap Perppu Ormas tersebut. ‘Kami akan melakukan perlawanan terhadap Perppu Ormas ini. Kami akan lakukan perlawanan politik yakni dengan mendorong DPR supaya menolak peraturan ini’ ujarnya saat ditemui di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat pada Selasa, 18 Juli 2017.

‘Kami juga sudah bertemu dengan Bapak Wakil DPR (Fadli Zon) dan pertemuan teresebut beliau juga menyatakan jika menolak Perppu Ormas ini’ sambungnya.

HTI
Copyright©nasionalkompas

Selain itu menurut Ismail, HTI juga menggalang dukungan dengan menemuai sejumlah pimpinan fraksi dan pimpinan partai politik. Dilakukan hal itu guna menyampaikan aspirasi mereka mengenai penolakan peraturan yang akan membubarkan orams HTI.

Sedangkan pihak HTI sendiri telah mendatangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk melayangkan gugatan uji materi Perppu Ormas pada Selasa, 18 Juli 2017. Nampak saat itu Ismail didampingi oleh kuasa hukumnya, Yusril Izha Mahendra berada di gedung MK.

Gugatan itu dilayangkan pihaknya untuk menguji sejumlah pasal ataupun keseluruhan Perppu yang dianggap bertentangan dengan UUD 1945. Sebelumnya diketahui jika Perppu Nomer 2 tahun 2017 ini resmi diumumkan oleh Menteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Rikwanto pada Rabu, 12 Juli 2017.

Perppu ini diadakan guna menghapus pasal yang menyebutkan jika pembubaran oramas harus melalui pengadilan. Setelah Perppu ini diresmikan pembubaran ormas akan dilakukan dengan cara pencabutan badan hukum secara langsung tanpa melalui pengadilan. Pencabutan tersebut dapat dilakukan oleh pemerintah melalu Mendagri maupun Menkumham.

Perrpu Ormas ini dimunculkan setelah munculnya kabar akan dilakukannya pembubaran HTI yang dianggap bertentangan dengan Pancasila. Perppu ini nanitnya akan segera diajukan ke DPR dan jika nantinya disetujui maka secara otomatis akan disahkan menjadi peraturan undang-undang.

baca juga : Yusril Tanggapi Pernyataan Pemerintah Soal Perppu Ormas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here