Setya Novanto Tersangka, Kursi Ketua DPR Sampai dengan Ketua Umum Partai Golkar Jadi Rebutan!

0
424
Copyright©Liputan6

Setya Novanto Tersangka, Kursi Ketua DPR Sampai dengan Ketua Umum Partai Golkar Jadi Rebutan!

Indowarta.com – Setya Novanto telah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Dengan penetapan Novanto menjadi tersangka kasus E-KTP ini membuat dua jabatan yang dipegangnya menjadi incaran banyak politikus.

Seperti diketahui jika saat ini Setya Novanto tengah duduk diposisi tertinggi kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yakni sebagai Ketua DPR RI. Kemudian pria ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Wajar saja kedua kursi ini diperebutkan karena diperkirakan Novanto akan digantikan setelah ditetapkan menjadi tersangka dan dianggap terlibat dalam kasus E-KTP.

WAJIB BACA :  Hakim Cepi Diperiksa MA Soal Vonis Praperadilan Setya Novanto!

Pada DPR sendiri sejumlah fraksi telah mendesak Novanto untuk segera mengundurkan diri dari kursi kepemimpinan lembaga legislatif Ketua DPR. Maka dari itu mengartikan jika membuat dua jabatan yang dipegang oleh Novanto menjadi incaran banyak politikus.

Sejumlah tanggapan menganai Setya Novanto akan mengundurkan diri ini berdatangan sili berganti. Salah satu tanggapan datang dari Sekertaris Fraksi Demokrat, Didik Mukrianto yang menganggap jika status tersangka yang disandang oleh Novanto akan memperburuk citra wakil rakyat.

Setya Novanto
Copyright©cnnindonesia

‘Penetapan tersangka ini tentunya akan membuat publik berpandangan lain dengan para wakil rakyat. Lebih tepatnya Novanto legowo untuk meletakan jabatannya sebagai Ketua DPR dana lebih fokus pada permasalahan dengan KPK’ ujar Didik.

WAJIB BACA :  Hakim Cepi Diperiksa MA Soal Vonis Praperadilan Setya Novanto!

Kemudian tanggapan lain juga datang dari Sekertaris Fraksi Partai Nasdem, Syarief Alkadire. Dia mengungkapkan hal senada dengan Didik yakni jika setelah penetapan tersangka ini Novanto tidak muncur dari kursi lembaga legislatif maka proses legislasi akan terganggu.

‘Memang lebih jika meletakan jabatannya, jika tidak di tingkat pimpinan akan merasa kesulitan untuk mengambil keputusan karena pemimpinnya sendiri tidak ada’ ujarnya.

Sedangakan menurut Alex Indra Lukman selaku Bendahara Fraksi partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengatakan supaya persoalan Setya Novanto ini di bahas di badan Musyawarah. Diharapkan Golkar akan menyerahkan kursi Ketua Umum DPR ke partainya.

Sedangakn pada internal Golkar sendiri kini tengah bergejolak yakni sejumlah politikus muda partai berlambang pohon beringin ini menginginkan Novanto mundur dari jabatanya. Sedangkan dari Sekertaris DPD Partai Golkar, Desra Ediwn meminta supaya secepatnya dilakuan musyawarah nasional untuk menentukan ketua umum yang baru.

baca juga : Berapa Sih Jatah Setya Novanto Dalam Kasus Korupsi E KTP!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here