Berita Terkini : SNMPTN 2016 Dikuasai Siswa Dan Siswi Dari Jawa Timur !

0
1482
SNMPTN 2016

Berita Terkini : SNMPTN 2016 Dikuasai Siswa Dan Siswi Dari Jawa Timur !

indowarta.com- Siswa yang berasal dari Jawa Timur menjadi siswa terbanyak yang diterima dalam jalur SNMPTN 2016 (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)  yang telah diumumkan pada hari Senin 9 Mei 2016 di bandingkan dengan siswa yang berasal dari provinsi lain.

Jawa Timur berhasil menglahkan  Jawa Barat yang berhasil meloloskan 12.310 pendaftar. Sebanyak 2.098 mahasiswa baru diterima dari jalur SNMPTN di Universitas Airlangga (Unair) Suraabaya.

Wakil rektor I Unair Profesor Djoko Santoso menyatakan bahwa pemerataan calon mahasiswa Unair yang tersebar dari seluruh provinsi di indonesia merupakan bentuk komitmen Unair untuk mengakomodasi siswa pendaftar dari seluruh daerah. Jika memang memberi syarat kuaitas pendaftar, pihak Unair mungkin hanya menerima 10 sampai 20 SMA, padahal sekolah pendaftar mencapai ribuan.

Lain lagi dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Universitas ini masiih belum mampu memenuhi kuota sebanyak 40 persen mahasiswa untuk jalur SNMPTN 2016. Dari total pendaftar 29.77 pendaftar, Unesa hanya menerima sebanyak 6 persen atau sekitar 1.786 pendaftar.

SNMPTN 2016

Wakil rektor 1 Unesa, Yuni Sri Rahayu mengatakan bahwa ada jurusan yang belum dapat memenuhi kuota 40 persen untu SNMPTN. Jurusan tersebut adalah seperti pada Fakultas Ilmu Keolahragaan. Hal ini karena pendaftar tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan Unesa.

Biasanya hasil portofolio tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Lebih-lebih jurusan yang membutuhkan portofolio, tentu saja seleksi akan lebih ketat.

Jurusan bahasa Jerman yang biasanya sepi peminat pada tahun ini malah bisa terpenuhi kuotanya. Dengan otomatis, kuota yang tidak terpenuhi tersebut akan ditutup dengan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Keputusan pengumuman SNMPTN sehari lebih awal setelah diadakan pertemuan antara panitia dengan seluruh pimpinan PTN.

Seusasi semua tahap yang direncanakan dalam melakukan seleksi dengan lancar dan selesai lebih awal. Pengumuman lebih awal ilni akan memberikan kesempatan bagi peserta yang tidak lulu SNMPTN 2016 untuk mendaftar di SBMPTN  satu hari sebelumnya.

baca juga :

Berita Hari Ini : Tak Lolos SNMPTN, Kenapa Tak Diimbau Ikut SBMPTN Oleh Sekolah ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here