Cina Blokir Setengah Fitur yang Dihadirkan Oleh WhatsApp!

0
230
WhatsApp
Copyright©kontan

Cina Blokir Setengah Fitur yang Dihadirkan Oleh WhatsApp!

Indowarta.com – Kali kabar datang dari aplikasi WhatsApp yang disebut-sebut setengah aplikasinya telah diblokir di Cina. Kabar ini muncul dari laman berita tenologi The Verge yang mengatakan pemblokiran setengah fitur aplikasi ini telah dilakukan oleh pemerintah Cina.

Namun meskipun di blokir aplikasi pesan ini masih bisa digunakan di negara padat penduduk tersebut, namun tidak semua layanan WhatsApp ini bisa dipakai. Pemblokiran ini menunjukan aksesnya seolah lambat dan para pengguna di Negeri Tirai Bambu kesulitan untuk mengirimkan foto dan video.

Menurut keterangan dari pakar teknologi menjelaskan jika tindakan yang dilakukan tersebut merupakan upaya pemblokiran. Namun hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak terkait dan belum jelas alasan pengetatan aplikasi WhatsApp tersebut dilakukan.

WhatsApp sendiri saat ini menjdi salah satu aplikasi favorit yang digemari masyarakat di dunia. Pada perangkat ini terbilang lengkap mulai dari fitur chatting, audio, mengirimkan file hingga mengirimkan gambar atau foto.

WhatsApp
Copyright©Andy

Perangkat yang satu ini bukan pertama kali menjadi objek pemblokiran pemerintah Cina. Sebelum WhatsApps sejumlah aplikasi lain juga mendapatkan tidakan serupa yakni mulai dari Facebook, Twitter, Blogspot, Google Pay hingga Line.

Banyak yang beransumsi pemblokiran aplikasi pesan ini untuk menguntungkan bisnis teknologi di negara Cina sendiri. Seperti diketahui jika di negara ini merupakan gudangnya teknologi dan aplikasi pesan WeChat merupakan salah satu besutan pengembang China. Tercatat pengguna WeChat telah melampaui pengguna WhatsApp di negeri Triai Bambu saat ini.

Sementara itu akibat pemblokiran ini membuat pengguna WhatsApp tidak bisa mengirimkan video, foto dan sejumlah pesan berbasis teks. Salah satu produk andalan facebook ini menjadi aksi sensor terbaru yang dilakukan oleh sistem filter dan control internet Beijing.

Beberapa pekan terakhir pemerintah Cina memperluas kontrol menyusul maraknya berita politik yang sensitif. Selain itu dilakukannya hal ini juga karena telah berlakunya undang-undang keamanan cybersecurity sejak bulan lalu. Pengawasan ketat internet ini juga tak terlepas dari rencana acara kongres Partai Komunis ke 19 yang akan digelar beberapa bulan kedepan di negera tersebut.

baca juga : Bukalapak Mengajak Masyarakat Umum untuk Investasi Logam Mulia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here