Berita Terkini: Gempa Bumi Guncang Papua Nugini 6,4 SR, Tak Berpotensi Tsunami!!!

0
921
Gempa Bumi

Berita Terkini: Gempa Bumi Guncang Papua Nugini 6,4 SR, Tak Berpotensi Tsunami!!!

Indowarta.comGempa Bumi Terjadi pada Selasa Dinihari 9 Februari 2016 Di Papua Nugini tempatnya di Bougainville. Gempa Bumi Tersebut berkekuatan 6,4 Skala Richter.

Badan survey Geologi Amerika Serikat memaparkan bahwa Gempa itu berlokasi pada 92 Kilometer dari Barat daya Paguna dan terjadi pada Pukul 2 Dinihari Waktu Setempat. Pusat Gempa Bumi ini sendiri terjadi pada 102 Kilometer dari Kota Arawa yang juga berlokasi di Pulau BougainVille.

Pada awalnya Badan Survey Geologi Amerika Serikat mengatakan bahwa Gempa Bumi tersebut memiliki Kekuatan 6,7 Skala Richter. Namun tidak lama kemudian menjadi 6,4 yang hasil itu mereka Revisi.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii pada halaman web resmi mereka tidak memberikan peringatan adanya tsunami akibat gempa berkekuatan 6,4 SR ini.

Dilaporkan bahwa Gempa Bumi Tersebut di Wilayah Negara Kepulauan yang berada di Lempengan Pasific Australia membentang sepanjang 4 Ribu Kilometer dan Memang sering terjadi karena menjadi Pusat aktifitas Seismik yang diakibatkan Adanya Gesekan Lempengan Tektonik.

Gempa Bumi

Sementara Itu Gempa Bumi juga Terjadi Di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang juga memang masih menjadi 1 Jalur dengan Lempengan Pasific. Gempa yang terjadi di Nusa Tenggara Timur ini kerap terjadi dan membuat warga resah dan Cemas.

Anggota DPRD Provinsi NTT Mohammad Ansor mengatakan bahwa Gempa Bumi yang sering terjadi secara beruntun di NTT adalah Fenomena baru dalam dua sampai tiga Tahun belakangan ini.

Ansor mengatakan bahwa ia sudah hidup lama di Kupang dan sejak dulu tidak pernah ada gempa bumi yang beruntun seperti ini. Tentang penyebab fenomena alam ini, Ansor meminta pihak Piha yang terkait untuk mengkajinya lebih jauh sehingga Kecemasan Masyarakat bisa mendapatkan kepahaman dan kira –kira apa yang terjadi di Alam NTT tersebut.

Terkait dengan hal itu, BMKG Kelas 1 Kupang Sumawan mengatakan penyebab banyaknya gempa bumi di Kupang dan beberapa daerah lainnya di NTT karena merupakan kawasan dekat tumbukan batas lempeng.

Dorongan Lempeng Australia yang membuat menciptakan beberapa Struktur Sesar. Dalam konteks ini, aktivitas gempa kecil harus disyukuri karena tidak terjadi akumulasi menjadi gempa besar.

Perlu diketahui bahwa BMKG Kupang menunjukkan bahwa pada Bulan November 2015, NTT diguncang oleh 40 Kali Gempa Bumi, Selanjutnya pada bulan Desember 2015 ada 13 Kali gempa dan pada Januari terjadi 24 kali Gempa Bumi.

baca juga : Gempa Bumi 6,4 SR Gedung 17 Lantai Roboh Kepung Ratusan Warga Di Taiwan!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here