Hebohnya Info Pesan di WhatsApp dan FB Bakalan Dipantau, Benar?

0
4455
Pesan WhatsApp Dipantau
Copyright ©liputan6

Hebohnya Info Pesan di WhatsApp dan FB Bakalan Dipantau, Benar?

Indowarta.com – Kali ini warganet dihebohkan dengan munculnya pesan broadcast di WhatsApp yang mengatakan jika pesan maupun panggilan akan dipantau. Broadcast Pesan WhatsApp Dipantau ini juga mengingatkan agar masyarakat lebih berhati-hati.

Tak hanya menyebarkan Pesan WhatsApp Dipantau saja terlihat dalam tulisan tersebut menyebutkan masyarakat untuk berhati-hati dalam mengirimkan pesan terkait politik dan pemerintahan. Dikatakan dalam broadcast pesan jika mulai hari ini dan seterusnya akan diberikan peraturan komunikasi baru yakni semua pesan dan panggilan telepon akan disimpan.

Dituliskan jika mulai dari WhatsApp, Twitter serta FB akan dipantau dan dimonitor. Dalam broadcast tersebut menyebutkan jika pihak yang menuliskan ataupun menuruskan pesan berendapat politik ataupun agama dinyatakan sebagai pelanggaran dan akan dilakukan penangkapan.

WAJIB BACA :  Akan Ada Fitur Baru di WhatsApp Versi Android ?

‘Mulai besok dan seterusnya ada peraturan komunikasi baru yang harus dipatuhi. Semua panggilan telepon dan chat yang ada di WhatsApp, Twitter, maupun facebook akan dipantau dan dimonitor. Maka dari itu berhati-hatilah untuk tidak mengirimkan pesan yang tidak perlu’.1

Pesan WhatsApp Dipantau
Copyright ©Merdeka

‘Jangan teruskan tulisan atau video mengenai situasi politik/tentang pemerintahan. Polisi akan mengeluarkan pemberitahuan tersebut dan jika Anda menulis atau meneruskan pesan apapun pada setiap perdebatan politik dan agama itu merupakan pelanggaran’

Terkait Pesan WhatsApp Dipantau ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) angkat bicara. Menurut keterangan yang disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kominfo Noor Iza menuturkatan jika pesan tersebut merupakan kabar bohong alias pesan hoax.

WAJIB BACA :  Akan Ada Fitur Baru di WhatsApp Versi Android ?

‘Pesan itu jangan dipercaya karena tulisan yang telah disebar itu berita bohong atau pesan hoax’ ujarnya pada Kamis, 20 Juli 2017.

Noor menegaskan jika pemantaun seperti yang dituliskan pesan terhadap sejumlah media sosial tersebut tidak benar dan tindakan akan dilakuan. Dia mengatakan pemerintah telah memiliki peraturan tersendiri terkait penyampaian informasi melaui media sosial. Peraturan tersebut telah dicantumkan dalam Undnag-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Jadi kesimpulannya Pesan WhatsApp Dipantau yang mengatakan akan memantau media sosial itu adalah hoax. ‘Jadi itu adalah kabar hoax dan pemerintah sudah mengaturnya. Aturan perbuatan yang dilarang sudah di Pasal 27 hingga pasal 37 Undang-Undang Nomer 1 tahun 2008 tentang ITE’ tutup Noor.

baca juga : Sandiaga Uno Masih Kaji Pembubaran Soal tempat Hiburan Alexis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here