Akan Ada Tes Fisik di Seleksi CPNS 2017 Kemenkumham!

0
1504
CPNS 2017
Copyright©Fajar

Akan Ada Tes Fisik di Seleksi CPNS 2017 Kemenkumham!

Indowarta.com – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali digelar tahun ini. Seleksi CPNS 2017 di Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan dibuka mulai awal bulan Agustus mendatang.

Sejumlaah tahapan Seleksi CPNS 2017 telah ditetapkan diantaranya seleksi administrasi, seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Mengenai hal ini juga dijelaskan oleh Kepala Bagian Komunikais Publik Kementerian PANRB, Suwardi.

Dia mengatakan jika Panitia Seleksi CPNS Kementerian Hukum dan HAM untuk pelamar lulusa SLTA sederajat khususnya untuk penjaga tahanan. Untuk Seleksi Kompetensi Dasar khusus pelamar penjaga tahanan akan dilakukan dengan kesamaptaan.

Kesamaptaan sendiri bersal dari kata smapta yang memiliki arti ready atau prepared ataupun bisa diartikan kesiapan fisik. Jadi kesamaptaan sendiri adalah salah tahap seleksi yang hampir sama dengan melakukan tes fisik ataupun tes kesehatan yang akan diikuti oleh para pelamar nantinya.

Seleksi CPNS 2017
Copyright©li[utan6
Pada Seleksi CPNS 2017 untuk pelamar penjaga tahanan akan dilakukan seleksi tes fisik dan kesehatan. Tes Kesamaptaan sendiri terdiri dari beberapa jenis diantaranya push up, sit up, pull up, chining serta shuttle run. Sedangkan untuk lari bagi pria biasanya dilakukan selama 12 menit dengan minimal jarak tempuh 1.200 meter.

Kemudian untuk wanita lari akan lebih lama 2 menit yakni 14 menit dengan minimal jarak yang ditempuh 1.200 meter. Tes fisik jenis push up akan dilakukan guna megetahui daya tahan lengan bagian luar. Standart yang di gunakan dalam tes push up untuk laki-laki anatara 35 dan 40 kali serta untuk perempuan 30 hingga 35 kali dalam waktu 1 menit.

‘Tes fisik push up akan dilakuan bertujuan untuk mengetahui daya tahan serta fleksibelitas otot perut. Untuk laki-laki standartnya 35 hingga 40 kali dan untuk perempuan 30 hingga 35 kali dalam waktu 1 menit’ ujar Suwardi pada Selasa, 18 Juli 2017.

Selanjutnya Seleksi CPNS 2017 ada tes fisik  pull up yang dilakukan untuk tes lengan dan standart untuk laki-laki 10 kali. Ada lagi Shuttle run atau lari dengan membentuk angka 8. Peserta nanti akan lari dengan kecepatan penuh melewati dua patok besi yang berjarak 10 meter dengan titik awal sebelah kanan belakang. Tes ini untuk mengukur ekselaritasi dan kelincahan tiap pesrta.

baca juga : Formasi CPNS Daerah dan Pusat yang Dibutuhkan Di Tahun 2017!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here