Gempa 5.1 SR Guncang Barat Daya Gunung Kidul, Getaran Dirasakan Sampai Bantul!

0
363
Gempa
Copyright©tribunbatam

Gempa 5.1 SR Guncang Barat Daya Gunung Kidul, Getaran Dirasakan Sampai Bantul!

Indowarta.com – Kali ini gempa bumi kembali mengguncang wilayah Indonesia tepatnya di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Gempa bermagnitudo 5,1 ini dirasakan oleh warga sekitar daerah Gunung Kidul pada Kamis, 20 Juli 2017 sekitar oukul 11.12 WIB.

Gempa ini pun langsung diumumkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta. Dalam keterangan yang dituliskan oleh BMKG menunjukan terjadinya gempa pada pukul 11.12 WIB atau Kamis siang.

Sedangkan untuk lokasi getaran sendiri berada di 9.23 Lintang Selatan (LS) dan 110.41 Bujur Timur (BT). Untuk jarak gempa sendiri yakni 135 kilometer barat daya Gunung Kidul dengan kedalaman menncapai 10 kilometer. Pusat getaran berada di Samudera Hindia dan dipastikan tak akan menimbulkan gelombang tsunami.

Pernyataan serupa juga dituliskan oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo di akun Twitter miliknya. ‘Titik gempa berada di lokasi lintang 9,23 LS dan 110,41 BT, sekitar 135 km dari Gunungkidul ke arah barat daya’ tulisnya pada Kamis, 20 Juli 2017.

Gempa
Copyright©BMKG

Gempa ini juga dijelaskan oleh Kasi Logistik dan Kedaruratan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul, Sutaryono. Dia mengatakan jika getaran tak dirasakan oleh seluruh warga dan banyak warga yang justru tidak mengetahui jika telah terjadi gempa bumi.

Sutaryono mengatakan jika pihaknya hanya mendapatkan sejumlah laporan dari tim dilapangan dengan menyebutkan gempa dirasakan oleh sejumlah orang dan ada beberapa lainnya tak merasakannya. ‘Hingga kini kami masih melakukan pendatan ke beberapa titik. Pendataan dilakukan untuk mengetahui kerusakan yang diakibatkan gempa’ ujarnya.

Menurutnya gempa ini justru dirasakan oleh sebagian warga dari luar Gunungkidul seperti wilayah Bantul, Sleman dan Yogyakarta. Sedangakan menurut keterangaan salah seorang warga Gunungkidul bernama Edo mengaku jika dirinya tak meraskan adanya gempa ini.

‘Tadi saya sedang duduk-duduk saja, tapi saya tak merasakan getaran gempa’ ujarnya.

Meskipun begitu getaran Gempa sendiri diakui dirasakan oleh sejumlah warga di daerah Bantul meskipun dengan intensitas kecil. Hingga kini belum ada laporan terkait kerusakan maupun korban jiwa akibat kejadian gempa bumi di GunungKidul Yogyakarta ini. pihak BPBD Yogyakarta sendiri samapai saat ini masih melakukan pendataan di lapanagn guna mengetahui sejumlah kerusakan dan korban luka.

Baca juga : Sepekan Ini, BMKG Sebut Indonesia Telah Diguncang Gempa Selama 9 Kali!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here