Apakah Maksud Presidential Threshold 20% Dalam RUU Pemilu?

0
18353
RUU Pemilu
Copyright ©Kompas

Apakah Maksud Presidential Threshold 20% Dalam RUU Pemilu?

Indowarta.com – Apa sih yang dimaksud dengan  presidential threshold yang saat ini tengah heboh dibahas di DPR RI pada Kamis 20 Juli 2017 lalu?  presidential threshold adalah ambang batas pencalonan presiden untuk pilpres.

Ambang batas inilah yang nantinya menjadi syarat untuk mengajukan calon presiden pada pemilu seperti Pilpres 2019 mendatang. Pemerintah mengusulkan ambang batas pencalonan presiden, yakni 20 persen perolehan kursi atau 25 persen perolehan suara nasional.

Perlu digaris bawahi syarat untuk Pilpres tahun 2019 menggunakan ambang batas pemilu tahun 2014. Hal ini rupanya menjadi perdebatan di Pansus RUU Pemilu DPR RI. Tampak hingga kamis malam, terjadi tarik ulur dukungan atas revisi UU Pemilu tersebut.

Terlihat dua kubu besar yakni pro dan kontra atas presidential threshold 20-25 itu. Koalisi pendukung pemerintah yakni PDIP, Golkar, NasDem, Hanura, PKB, dan PPP setuju ambang batas pencalonan presiden 20 persen.

Hal itu berseberangan dengan Gerindra, PKS, dan Demokrat agar ambang batas tersebut. berikut ini analisa kursi dan dukungan ambang batas 20%

Copyright ©Kompas

Koalisi Pemerintah: PDIP 109, Golkar 91, PKB 47, PPP 39, NasDem 36, Hanura 16, sehingga totalnya 338. Sedangkan Gerindra 73, PKS 40, Demokrta 61, dan totalnya 101. Dan yang belum menentukan sikap PAN 48 orang.

Seperti yang telah diketahui, Ketua DPR Setya Novanto memimpin rapat sidang paripurna RUU Pemilu setelah tiga pimpinan DPR walk out. Dia lalu langsung mengesahkan RUU Pemilu dengan  presidential threshold 0%.

Awalnya Fadli Zon menyerahkan palu sidang pada Novanto. Fadli dan duapemimpin DPR lain, yakni Taufik Kurniawan dan Agus Hermanto meninggalkan mimbar paripurna. Kemudian tersisa Novanto dan Fahri di mimbar pimpinan. Novanto sudah mau langsung mengetok pengesahan RUU Pemilu, namun kemudian disela oleh Fahri, yang kemudian menjelaskan alasannya tidak walk out.

Setelah Gerindara, PAN, Demokrat dan PKS walk out, berarti tersisa partai pendukung pemerintah dan Fahri Hamzah di ruang paripurna. Partai pendukung pemerintah mendukung opsi A, yang salah satunya berisi  presidential threshold 20 persen.

Baca Juga Presidential Threshold Adalah Skenario Untuk Jegal Prabowo di Pilpres 2019?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here