Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Indonesia Sampai Balapan di Reli Dakar!

0
400
Mobil Listrik
Copyright ©otomania

Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Indonesia Sampai Balapan di Reli Dakar!

Indowarta.com – Beberapa waktu terakhir ramai diperbincangkan keluaran kendaraan bertenaga listrik seperti mobil listrik dan motor listrik. Keberadaan Mobil Listrik di Indonesia sendiri sudah mendapat lampu hijau dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kali ada kabar menarik mengenai produksi Mobil Listrik Indonesia. Terdapat sekelompok mahasiswa dari Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya tengah berkolaborasi membangun rancangan mobil tanpa bahan bakar minyak alias menggunakan tenaga listrik.

Ternyata sejumlah anak bangsa tersebut tak tanggung-tanggung dalam target pembuatannya kali ini. Mereka membuat mobil listrik ini ditujukan untuk berpartisipasi pada ajang Reli Dakar. Para Mahasiswa Indonesia ini pun tengah serius merancang mobil listrik untuk mengikuti lomba yang dikenal mempunyai lintasan yang sulit ini.

Cukup diketahui Reli Dakar sendiri merupakan lomba reli tahunan yang diikuti pembalap amatir dan profesioal dengan beragam kendaraan didalamnya. Balapan ini memang dikenal dengan lintasannya yang sulit dan menatang. Bahkan tak jarang gelaran ini juga dapat merenggut nyawa pesertanya.

Mobil Listrik
Copyright ©inersport

Mobil Listrik buatan mahasiswa Indonesia ini diberi nama BLITS yang nantinya siap untuk turun di reli Dakar. Spesifikasi kendaraan ini meggunakan penggerak roda belakang dengan menggunakan motor listrik bertenaga 100 tk, 6.00 rpm.

Untuk penyimpan energi listrik digunakan baterai dengan kapasitas 75 kWh dan disisipkan pula baterai yang mampu memasok kebutuhan listrik untuk jarak tempuh mobil hingga jarak 200 km atau satu kali pengisian baterai. Pernyataan mengenai mobil listrik ini juga dijelaskan langsung oleh Rektor Universitas Budi Luhur, Prof. Didik Sulistyanto.

Dia megatakan jika Mobil listrik bernama BLITS merupakan hasil dari pengembangan Universitas Budi Luhur dengan ITS. ‘Mobil listrik yang akan diikutkan Rally Paris Dakkar 2018 ini merupakan hasil riset dari ITS dan Universitas Budi Luhur. Hal ini dilakukan guna meningkatan daya saing Internasional dengan produk nasional’ ujarnya pada Kamis, 20 Juli 2017.

Sementara itu Indonesia sendiri bukan pertama kali mengikuti ajang reli Dakar ini. Pada tahun 1990 pembalap Indonesia Tinton Soeprapto juga pernah berpartisipasi dengan menggunakan kendaraan mobil Mitsubishi Pajero. Kemudian dilanjutkan dengan Kasih Hanggoro pada tahun 2010 dan 2011.

baca juga : Timnas U22 Vs Mongolia, Luis Milla Akan Turunkan Evan Dimas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here