Geliat Idham Aziz, Rekan Tito yang Jadi Kandidat Kuat Kapolda Metro Jaya!

0
376
Idham Aziz
Copyright©nasional

Geliat Idham Aziz, Rekan Tito yang Jadi Kandidat Kuat Kapolda Metro Jaya!

Indowarta.com – Kali ini kabar datang dari Inspektur Jenderal (Irjen) Idham Aziz yang akan diangkat menjadi Kapolda Metro Jaya dalam waktu dekat. Idham akan dipercaya memimpin kepolisian Ibu Kota untuk menggantikan Irjen Mochammad Irawan.

Kabar pergantian ini berdasarkan dikeluarkannya surat telegram Kapolri nomor ST/1768/VII/2017 yang menyatakan akan digantikannya Kapolda Metro Jaya Mochammad Irawan oleh Idham Aziz. Cukup diketahui Idham sendiri merupakan teman seangkatan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Jika hal ini benar maka dipastikan Idham akan disibukkan untuk menjaga keamanan Ibu Kota di Mapolda Metro Jaya. Posisi yang ditinggalkannya sendiri akan digantikan oleh Bigjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Papua Barat. Sedangakan Mochammad Irawan sendiri akan promosi menjadi Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops).

Dalam kiprahnya di dunia kepolisian Idham Aziz pernah mendapatkan kenaikan pangkat yang luar biasa. Dia mendapatkan kenaikan pangkat bersama dengan Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose dan Rycko Amelza Dahniel pada tahun 2005 silam.

Idham Aziz
Copyright©merdeka

Idham dan tiga rekannya tersebut mendapatkan kenaikan pangkat setelah berhasil melumpuhkan teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Kota Batu, Jawa Timur pada 9 November 2005. Hingga saat ini dia menduduki posisi sebagai Kadivpropam Polri dan akan segera naik jabatan menjadi Kapolda Metro Jaya.

Menjadi seorang Kepala Polisi Daerah (Kapolda) ternyata pernah diemban oleh teman seleting Tito Karnavian ini. Idham pernah menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan kurun waktu yang cukup lama. Dia dianggap cukup berpengalaman karena seperti diketahui jika wilayah yang dipimpinnya itu termasuk sering terjadi konflik dan salah satunya ancaman teroris.

Namun karier kepolisian Idham Aziz bukan hanya terkenal memberantas teroris saja. Pria ini juga pernah menjadi petinggi Mabes Polri pada saat itu dengan menduduki jabatan sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Tindak pidana Korupsi (Tipikor) pada tahun 2013. Ketika itu dirinya mengisi jabatan yang ditinggalkan oleh Brigjen Noer Ali.

Mengenai pengagkatan Idham Aziz menjadi Kapolda Metro Jaya ini juga dibenarkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Rikwanto. Dia mengatakan jika memang benar akan ada mutasi atau pergantian jabatan dalam waktu dekat ini.

Baca Juga : UU Pemilu Akhirnya Disahkan, Presidential Treshold Dipatok 20-25 Persen!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here