Jangan Anggap Sepele, Inilah Rubella, Penyakit Menular yang Intai Janin!

0
339
Rubella
Copyright©obat

Jangan Anggap Sepele, Inilah Rubella, Penyakit Menular yang Intai Janin!

Indowarta.com – Beberapa waktu terakhir Rubella salah satu penyakit menular ini tengah menjadi sorotan. Dikatakan oleh sejumlah media massa maupun forum di media sosial penyakit yang satu ini menjadi momok yang menakutkan bagi para ibu rumah tangga dan khususnya ibu hamil.

Penyakit Rubella atau campak Jerman ini sendiri dianggap salah satu penyakit yang berbahaya. Pasalnya penyakit ini dapat menular dan biasanya menyerang anak-anak, remaja hingga ibu-ibu yang tengah mengandung.

Maka dari itu diartikan penyakit campak Jerman ini merupakan salah satu penyakit menular karena adanya infeksi yang disebabkan oleh virus rubella yang seringkali menyerang anak-anak, remaja dan ibu hamil. Bahkan dikatakan dampak dari penyakit ini dapat membuat cacat si bayi yang ada di kandungan.

Salah satu penelitian dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukan jika di Indonesia disebutkan pada tahun 2011 terdapat sekitar 400 lebih kasus penyakit rubella ini. Selain itu beban endemi di Indonesia bisa dikatakan cukup tinggi, semisal di Bandung yang diketahui ada 63 indikasi penyakit ini dan 20 diantaranya sudah dipastikan penyakit rubella.

Rubella
Copyright©pikiranrakyat

Kemudian Rubella juga ada di daerah Jawa Timur tepatnya di Surabaya yang mencatat ada sekitar 93 indikasi penyakit ini pada tahun 1993 hingga 2013 kemarin. Sedangkan untuk daerah Yogyakarta tercatat ada 1.419 indikasi penyakit yang satu ini.

Penyakit Rubella sendiri menular melalui penyebaran virus dan virus-virus tersebut akan menyebar dengan mudahnya. Penyebaran virus yang utama dapat melalui partikel air liur yang dikeluarkan oleh penderita setelah tak sengaja batuk maupun bersin. Selain itu benda-benda yang digunakan penderita penyakit campak ini juga diindikasi dapat menularkan virus.

Seperti halnya makanan serta piring ataupun gelas yang digunakan oleh penderita rubella juga bisa dikatakan sebagai media penularan. Kemudian virus juga bisa saja menular ketika penderita mengusap mata, membersihkan hidung atau mulut dengan jari setelahnya memegang sesuatu.

Gejala yang ditimbulan Rubella terlihat sangat sederhana dan seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang. Gejalanya dimulai dengan deman, muncul bercak-bercak merah, batuk, pilek konjungtivitas atau mata memerah. Penyakit ini pun juga bisa menyebabkan radang paru-paru, otak, telinga, diare berat, dehidrasi dan juga bisa mengakibatkan kematian.

baca juga : Wah. .Biji Pepaya Ini Ternyata Punya Khasiat Bagus Untuk Kesehatan Lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here