Instagram Jadi Media Cyber Bullying Nomor 1!

0
304
Media Cyber Bullying
Copyright©youtube

Instagram Jadi Media Cyber Bullying Nomor 1!

Indowarta.com – Instagram sering kali menjadi media sosial yang paling sering digunakan untuk melakukan pembullyan atau perudungan atau disebut cyber-bullying. Media Cyber Bullying disematkan pada media sosial Instagram karena paling sering ditemukan kasus pembullyan di internet.

Pada Media Cyber Bullying banyak sekali ditemukan aksi bully yang dilakukan oleh sekelompok orang terhadap individu tertentu. Berdasarkan hasil survey dari lembaga donasi anti-bullying, Ditch The Label menyebutkan cyber-bullyng yang dimaksudkan mencangkup komentar negatif pada postingan tertentu.

Selain itu maksud dari bullyng di media sosial yakni pesan personal yang tak bersahabat serta menyebarkan postingan dengan maksud mengolok-olok. Tercatat tidak kurang dari 10 ribu remaja berusia 12 hingga 20 tahun yang tinggal di Inggris kala itu dijadikan survei.

Hasilnya menunjukan lebih dari 42 persen korban cyber-bullyng ini mengaku mendapatkan aksi perudungan dari media sosial Instagram. Untul 37 persen megaku mengalami perudungan via facebook dan 31 persen mengaku mengalaminya di Snapchat. Dengan survei tersebut bisa dikatakan jika media sosial yang satu ini memang sering digunakan untuk aksi bully.

Media Cyber Bullying
Copyright©daily news

Sementara itu diketahui Media Cyber Bullying yang dulunya dinobatkan menjadi tempat aksi bully ialah Facebook. Dalam sebuah penelitian kala itu pada tahun 2013 menunjukan sekitar 87 persen korban perudungan/periksaan berada di media sosial ini. Dan pada saat itu menempatkan facebook menjadi wadah cyber-bullyng nomer satu di dunia.

Kala itu status dan notes penyebar kebencian sudah ada setiap harinnya di media sosial facebook. kemudian pada tahun berikutnya yakni 2014 facebook masih menjadi nomer satu media sosial yang paling rentan sebagai tempat aksi bully. Namun saat itu presentasenya sudah berkurang yakni 39 persen dan 22 persennya sudah ada di Instagram.

Lantas sekarang Media Cyber Bullying nomer satu justru ditempati oleh media sosial Instagram. Sejatinya media ini merupakan platform yang menampilkan konten visual bukanlah teks, namun komentar-komentar yang merespos itulah yang dikatakan sebagai aksi bullying.

Sedangkan hasil survei dari Dithc The label mengatakan ada seorang remaja 13 tahun yang tengah menyetel akun instagram dalam mode privasi. Namun tiba-tiba seorang yang tak dikenalnya mengaku memiliki fotonya dan mengancam akan mengedit wajahnya di foto telanjang jika tak mau mengangkat telepon darinya. Lantas menaggapi hal tersebut pihak Instagram mengaku akan terus meningkatkan layanan untuk memberantas aksi bullying.

baca juga : Fakta Menarik Dibalik Aksi Bullying Mahasiswa Gunadarma!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here