Perppu Ormas: Setelah HTI, 2 Sampai 3 Ormas Ini Juga Terindikasi Anti Pancasila?

0
1518
HTI
Copyright©Berita Moneter

Setelah HTI, 2 Sampai 3 Ormas Ini Juga Terindikasi Anti Pancasila?

Indowarta.com – Pasca pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), kini Polri menemukan adanya indikasi ormas-ormas yang anti Pancasila. Saat itu ormas yang dicurigai tengah diawasi. Lantas siapa saja mereka?

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan pihaknya telah melakukan pengawasan dan menemukan masih ada ormas yang terindikasi anti Pancasila. Kini ormas-ormas tersebut telah dilaporkan.

“Ada sekitar 2 atau 3 lagi ormas,” ujar Martinus.

Namun sayangnya Martinus enggan menyebutkan ormas yang dimaksud. Dia hanya memastikan pihak terkait selalu berkoordinasi. Menkumham Yasonna Laoly mengatakan pemerintah masih mengkaji mengenai ormas-ormas yang dimaksud.

Ormas mana yang dimaksud oleh Polri tersebut memang belum dipastikan kebenarannya. Namun yang jelas, dalam kurun waktu tiga bulan masa berlaku Perppu ormas, pemerintah dapat dengan cepat membubarkan ormas yang terbukti anti-Pancasila.

Copyright ©Kompas

Aturan yang terdapat dalam Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tersebut memudahkan pemerintah membubarkan ormas. Namun, jika Perppu tersebut ditolak DPR, maka akan kembalike peraturan awal. Pemerintah harus mengikuti prosedur yang panjang dalam pembubaran ormas, terutama melalui jalur peradilan.

Seperti yang telah diketahui, pembubaran ormas HTI berpayung hukum Perppu Ormas, yang baru diterbitkan oleh pmerintah. Perppu tersebut diteken oleh Presiden Jokowu pada Senin 10 Juli 2017 lalu.

Perppu Ormas mengatur tiga sanksi administratif terhadap ormas anti Pancasila, yakni peringatan tertulis, penghentian kegiatan, serta pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum.

Pada Pasal 80A Perppu Ormas disebutkan pencabutan status badan hukum ormas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 61 ayat 1 huruf dan ayat 3 huruf b sekaligus dinyatakan bubar.

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM mencabut status baan hukum ormas HTI. Dengan demikian HTI telah resmi dibubarkan oleh pemerintah.

Pencabutan itu dilakukan sebagai tinak lanjut Perppu Nomor 2 Tahun 2017 yang mengubah UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Perppu itu dibuat setelah pemerintah mengumumkan upaya pembubaran ormas HTI yang dianggap anti Pancasila.

Baca Juga Berita Terkini: Uji Materi Perppu Ormas Terus Dilakukan Pasca HTI Dibubarkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here