Rekrutmen CPNS Sampai Kepolisian Rentan Akan Aksi Korupsi!

0
341
CPNS 2017
Copyright©lensaremaja

Rekrutmen CPNS Sampai Kepolisian Rentan Akan Aksi Korupsi!

Indowarta.com– Berdasarkan dari hasil survei Polling Center bersama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW) ini telah menunjukkan bahwa rekrutmen dari CPNS dan juga kepolisian ini telah dianggap sebagai sektor yang paling rentan adanya praktik korupsi.

baca juga : Ada Puluhan Ribu Lowongan CPNS Tahun 2017, Mana Pilihanmu?

Henny Susilowati yang merupakan salah satu peneliti dari Polling Center ini telah mengatakan bahwa sebagai besar responden yang pernah berurusan dengan kedua sektor tersebut menggunakan indikator permintaan uang. Hal ini artinya adalah masyarakat telah memandang praktik pemerasan yang paling umum dilakukan di kepolisian dan juga pendaftaran CPNS.

Henny saat menggelar konferensi pers peluncuran hasil survei di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat pada hari Kamis 20 Juli 2017 mengatakan “Kedua sektor dianggap sebagai sektor yang terkorup. Persepsi masyarakat muncul berdasarkan pengalamam, pemberitaan, image warisan dan apa kata teman”.

WAJIB BACA :  Pelamar CPNS Kemenkumham dan MA Tembus 788.208 orang!
CPNS 2017
Copyright ©tempo

Berdasarkan survei yang telah dilakukan, dari total 2.235 responden sebanyakk 56 persennya ini telah menyatakan bahwa pernah diminta uang seara ilegel oleh beberapa pihak tertentu pada saat melakukan pendaftaran kerja menjadi pegawai negeri sipil.

baca juga : Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Lulus Tes CPNS 2017!

Sementara itu sebanyak 50 persen responden yang pernah berhubungan dengan kepolisian ini telah menyatakan bahwa mereka pernah diminta sejumlah uang ataupun hadiah secara tidak resmi. Lalu ada sektor yang lainnya ini telah dianggap memiliki potensi praktik korupsi yakni sektor pengadaan barang dan juga jasa untuk pemerintah sebesar 48 persen, pengadilan sebesar 45 persen dan juga implementasi anggaran oleh pemerintah sebesar 44 persen.

WAJIB BACA :  PNS Ini Diduga Jadi Calo CPNS, begini Modusnya!

Tidak hanya itu saja, di sektor universitas, perawatan kesehatan masyarakat, pengurusan administrasi dan juga guru ini juga telah dianggap masiih belum bersih seutuhnya dari prakti korupsi dengan persentase angka dibawah 30 persen.

Lalu pada kesempatan yang sama yakni peneliti ICW Febri Hendri telah menilai bahwa hasil tersebut sebagai kewajaran sebab rekrutmen dari CPNS ini adalah sektor yang banyak berhubungan dengan masyarakat dan juga warisan persepsi korupsi dalam setiap rekrutmen di tahun yang sebelumnya.

Warisan persepsi ini diduga telah berkontribusi terhadap persepsi buruk meskipun telah ada perbaikan mengenai sistem rekrutmen seperti menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dalam salah satu tahapannya.

baca juga :

Deretan Aturan Seleksi CPNS Di Pemprov Kalimantan Utara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here