Perppu Ormas: Pengikut HTI Bisa Dipenjarakan?

0
432
HTI
Copyright©panjimas

Perppu Ormas: Pengikut HTI Bisa Dipenjarakan?

Indowarta.com – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) ormas kini mendapat kecaman terkait apa yang ada di dalamnya. Perppu ormas itu sendiri dibuat untuk membubarkan kelompok masyarakat yang dianggap bertentangan dengan Pancasila dan NKRI. Salah satunya yakni Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI yang dilarang keberadaanya saat ini di Indonesia.

Kecaman itu sendiri datang dari Mantan Anggota Pansus Rancangan Undang-Undang Ormas, Indra. Dia mengecam sanksi pidana yang tercantum pada Perppu Nomer 2 tahun 2017 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomer 17 tahun 2013 tentang Organisasi Kemsyarakatan.

Sanksi yang dia kecam terdapat dalam pasal 28A ayat 2 Perppu Ormas yang mengatur tentang ormas tersebut. Pasal tersebut disebutkan akan mengenakan hukuman pidana bagi pengurus maupun anggota ormas yang diangggap bertentangan.

WAJIB BACA :  DPR Canangkan Perppu Ormas Rampung 24 Oktober Besok!

Pasal itu berbunyi, ‘Setaip orang yang menjadi anggota dan atau pengurus ormas yang sengaja langsung dan tidak langsung melanggar ketentuan dalam pasal 59 ayat 3 huruf a dan b serta ayat 4 akan dipidana seumur hidup atau paling sedikit 5 tahun penjara dan paling lama 20 tahun penjara’.

HTI
Copyright©nasionalkompas

Tanggapan itu sendiri dikatakan oleh Indra saat acara di Fakultas Hukum Universitas Indoneisa, Depok, Jawa Barat pada Jumat, 21 Juli 2017. Acara itu sendiri kala itu mengangkat tema ‘ Pro dan Kotra Perppu No 2 Tahun 2017 dalam Tinjauan Hukum Tata Negara’.

Indra mengatakan ‘setiap orang’ yang dipermasalahkannya, dengan itu maka ia mengira jika dalam kasus HTI ini setiap anggotanya bisa terancam pidana. Menurutnya dengan kalimat tersebut anggota HTI baik yang baru, anak-anak maupun dewasa juga akan terjerat pidana. Padahal belum tentu semua anggota ormas islam ini bersalah.

WAJIB BACA :  Perppu Ormas Perlu Karena Untuk menjaga Eksistensi bangsa!

‘Jadi semua anggota HTI bisa teracam pidana dan seorang istri anggota HTI yang selama ini taunya mengurus anak dirumah juga terancam hukuman seumur hidup. Saya rasa ini norma yang tidak fair dan bagaimana tidak orang yang tidak melalukan tindakan atau melanggar dia akan dikenakan pidana’ ujar Indra.

Dikatakan oleh Indra, ancaman dari sanksi tak hanya mengancam HTI dan anggotanya saja. Melainkan juga akan mengancam ormas lain meskipun ormas tersebut berada dan mengikuti idelogi negara atau Pancasila.

baca juga : Pemerintah Hapuskan Badan Hukum Ormas HTI Hari Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here