Gudang Beras Maknyus yang berada Di Bekasi Di Satroni Bareskrim!

0
353
Beras Maknyus
Copyright©harian terbit

Gudang Beras Maknyus yang berada Di Bekasi Di Satroni Bareskrim!

Indowarta.com  – Beberapa waktu lalu Direktorat Tindak Pidana Khusus (Ditipideksus) Bareskrim Polri mendatangi gudang beras PT Indo Beras Unggul (IBU) di Bekasi, Jawa Barat. Penggerebekan dilakuan terkait Beras Maknyus yang diprodiuksi perusahaan tersebut.

Seperti diketahui jika dari gudang itu PT Indo Beras Unggul memproduksi dua merek beras yakni Beras Maknyus dan beras Cap Ayam Jago. Pengggrebekan oleh Dirtipideksus sendiri dilakukan pada Kamis, 20 Juli 2017 waktu sore. Lokasi gudang itu tepatnya berada di Jalan Rengas kilometer 60, Karangsambung, Bekasi, Jawa Barat.

Dari penjelasan Dirtipideksus Bareskrim Brigjen Agung Setya pihakya melakukan penggerebekan ini karena mendapatkan informasi jika perusahan ini memebeli gabah dari petani dengan harga yang tak sesuai ketentuan pemerintah. ‘Fakta yang diperoleh dari penyidikan hari ini menunjukan jika PT IBU benar melakukan pembelian gabah kepada petani dengan harga Rp 4.900 dan itu tak sesuai dengan ketentuan’ ujarnya saat ditemui Kamis, 20 Juli 2017.

Agung menambahkan jika apa yang dilakukan oleh perusahaan ini akan mempersulit pengusaha lainnya. Dikatakan jika perbuatan PT IBU yang menetapkan harga pembelian gabah dari petani jauh diatas yang ditetapkan oleh pemerintah akan mengakibatkan matinya pelaku usaha yang lain.Secara otomatis petani akan menyetor atau menjual hasil panen mereka ke perusahaan tersebut karena harga yang lebih tinggi.

Beras Maknyus
Copyright©kumparan

Perusahaan yang memproduksi Beras Maknyus ini pun dianggap mematikan pengusaha lain karena pengsuaha yang lainnya menetapkan harga dibawah mereka. PT IBU dianggap tak bisa memaksimalkan pelaku usaha lain sehingga berdampak pada kerugian bagi pelaku usaha lain itu sendiri.

Gabah yang diperoleh dari petani tersebut diolah menjadi beras dan dikemas dengan merek Maknyuss dan Cap Ayam Jago. Kemduian PT IBU memasarkan produknya itu di pasar modern dengan harga Rp 13.700 dan Rp 20.400 per kilogramnya.

Harga penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan beras ini juga jauh dari harga yang ditetapkan oleh pemerintah yakni Rp 9.500 per kilogram. Agung mengatakan jika tindakan yang dilakukan oleh PT IBU ini menurut ahli pidana dapat dikatakan sebagai perbuatan curang dan dapat merugikan pelaku usaha lain.

Beras Maknyus dan juga beras Cap Ayam Jago yang diproduksi oleh PT IBU ini dianggap melampau batas harga yang ditentukan oleh pemerintah baik harga pembelian bentuk gabah maupun penjualan dalam bentuk beras. Agung sendiri mengingatkan para pelaku usaha terkait pangan haruslah menikuti harga acuan bahan pangan yang diatur oleh Pemerintah.

baca juga : Berita Terkini: Bupati Pamekasan Nilai Video Hot Di Ruang Tunggu Lecehkan Pemerintah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here