Hari Anak Nasional: Jangan Sampai FB Merusak Perkembangannya!

0
266
Copyright ©Tempo

Jangan Sampai FB Merusak Perkembangannya!

Indowarta.com – Saat ini Facebook (FB) tak hanya digandrungi oleh kalangan orang dewasa, namun anak-anak pun juga sudah bergelut dengan media sosial ini. Namun perlu diketahui, penggunaan Facebook oleh anak-anak perlu dipertimbangkan dengan matang.

Tak hanya bagi kalangan dewasa, Facebook nampaknya juga menjadi salah satu alat sosialisasi yang mengasyikkan bagi anak-anak. Hal itu karena mereka bisa berinteraksi dengan teman-teman sebayanya di dunia maya tanpa batasan ruang dan waktu.

Aktivitas di media sosial ini pun kian sulit dibendung dengan banyak link permainan dan video menarik. Namun sebagai orang tua, Anda juga harus bisa memahami kalau pembatasan pemakaian internet itu sangat perlu.

WAJIB BACA :  Video FB Aksi Sigap TNI Panjat Tiang Bendera Ini Bikin Trenyuh!

Baca Juga Maki Maki dan Hina Polisi di FB, ABG Ini Berurusan dengan Hukum!

Pasalnya, anak tak hanya perlu melakukan sosialisasi melalui dunia maya, namun juga perlu mengasah ketrampilan bersosialisasi dengan teman sebayanya dan masyarakat di dunia nyata. Hal itu guna menghindari mereka hanya fokus pada dunia maya dan mengabaikan dunia nyata.

FB
Copyright ©Tempo

Penggunaan FB sendiri kini telah merambah ke kalangan anak berusia kurang dari 13 tahun, batas minimal usia untuk memiliki akun di situs jejaring sosial ini. Hal ini tentu memprihatinkan, pasalnya tak sedikit bahaya yang mengintai mereka.

Sehingga perlu pengawasan dan pendampingan agar anak tak terlena dan kemudian melupakan pergaulannya di dunia nyata. Dan tahu batas-batas informasi pribadi yang bisa dibagikan atau tidak. Berikut ini beberapa langkah yang disarankan agar anak tetap bisa berselancar di FB dengan sehat:

WAJIB BACA :  FB Bikin Tab Khusus Untuk Cek Korban Bencana!

Pertama, lakukan pengawasan dan pendampingan secara alamiah saat anak menggunakan komputer. Maksudnya anak tidak merasa di batasi, diawasi ataupun tidak dipercaya.

Baca Juga Deretan Tipe Pengguna FB, Kamu Masuk yang mana ?

Kedua, agar pengawasan dan pendampingan itu bisa berjalan dengan alamiah, keterbukaan dan kedekatan hubungan orang tua dan akan menjadi satu hal yang sangat penting.

Ketiga, orang tua perlu menambah wawasan dan kreativitas, terutama yang berhubungan dengan internet. Orang tua perlu mengetahui situs apa saja yang bersifat edukatif dan bermanfaat buat setiap tahap usia anak.

Keempat, orang tua perlu mnjadi role model, menjadi contoh bagaimana mereka dapat bertanggung jawab membagi waktu untuk beragam kegiatan bermanfaat selain akses internet.

WAJIB BACA :  Susul FB, Status WhatsApp Kini Bisa Pakai Backround Beragam Warna Lho!

Dengan begirtu anak juga bisa mencontoh orang tuanya untuk manajemen waktu, memilih situs yang tepat dan bermanfaat untuk usia mereka, secara bertanggung jawab.

Baca Juga Ribuan Warga Yogya Direncanakan Siap Peringati Hari Lahir Pancasila Besok!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here