Runtutan Kejadian dalam Sepekan yang Terjadi di Al Aqsa!

0
243
Al Aqsa
Copyright ©detik

Runtutan Kejadian dalam Sepekan yang Terjadi di Al Aqsa!

Indowarta.com – Situasi di Yerusalem kembali memanas dalam pekan terkahir ini. Sejumlah kekerasan pun kembali terjdi yakni tepatnya berada di kompleks Al Aqsa. Kekekerasan demi kekerasan itupun berujung pada pengetatan keamanan oleh militer Israel di kawasan tersebut.

Dengan dilakukan pengetatan pengamanan tersebut membuat warga dibatasi dalam beribadah di Masjid Al Aqsa. Banyak korban berjatuhan dari kejadian kekerasan ini dan itu membuat dunia internasional mengecam keras tindakan tersebut.

Tercatat sejumlah peristiwa ini berlangsung kurang lebih dalam sepekan terakhir yang dimuai sejak tanggal 14 Juli 2017. Peristiwa tersebut diantaranya seragan dan penutupan Majid Al Aqsa, Detetor Metal dan bentrok antara warga dengan aparat militer.

Kejadian berawal tanggal 14 Juli lalu yakni 3 orang Arab Israel bersenjata otomatis keluar dari kompleks Haram al-Syarif atau Bukit Suci orang Yahudi. Mereka telah melakukan penembakan yang mengakibatkan dua orang aparat kepolisian tewas di dekat lokasi. Kemudian mereka kabur ke arah dalam Majid Al Aqsa dan meerka pun berhasil ditembak mati oleh aparat militer.

Al Aqsa
Copyright ©aktual

Setelah kejadian tersebut orang Arab Israel yang notabennya orang yang tinggal di area tersebut menutup Al Aqsa. Akibat penutupan tersebut umat muslim tak bisa melakukan shalat Jumat dan itulah yang memicu kemarahan umat muslim di wilayah tersebut. Lokasi itu tetap ditutup pada hari berikutnya serta sejumlah lokasi di Kota Yerusalem dalam kondisi terkurung.

Kemudian Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu pada 15 Juli 2017 menyatakan jika kompleks tersebut dibuka kembali. Namun aparat militer akan memasang detektor metal dan kamera pengawas guna mencegah seragan kembali terjadi. Namun ketika dibuka kembali pada 16 Juli 2017 umat muslim menolak adanya alat pengamanan dan mereka pun menggelar shalat berjamaah di jalan menuju ke lokasi.

Setelah shalat di depan kompleks Al Aqsa kejadian bentrokan pun tak terhindarkan. Salah satu insiden tersebut yakni tertembakanya imam besar Masjid Al Aqsa, Sheikh Ikrima Sabri setelah selesai menunaikan shalat isya pada Selasa, 18 Juli 2017. Saat itu polisi setempat berusaha membubarkan jamaah dan Sabri pun dilaporkan tertembak sehingga dilarikan ke Rumah Sakit l Maqassid di Yerusalem Timur.

Kejadian bentrokan kembali terjadi menjelang shalat Jumat tanggal 21 Juli 2017 yakni polisi Israel membatasi orang-orang dengan usia dibawah 50 tahun masuk ke kompleks Kota Tua. Kemudian bentrokan kembali terjadi pada hari berikutnya Sabtu, 22 Juli 2017 di Yerusalem Timur dan Tepi Barat. Akibatnya dua orang Palestina tewas setelah bom bensin meledak.

baca juga :
Berita Terkini: Israel Butuh Waktu Sampai 30 Tahun Untuk Pulih Pasca kebakaran Hebat Kemarin?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here