Berbagai Hal yang Wajib Diketahui Soal Tes CPNS di MA dan Kemenkumham!

0
889
Tes CPNS
Copyright ©jejamo

Berbagai Hal yang Wajib Diketahui Soal Tes CPNS di MA dan Kemenkumham!

Indowarta.com – Pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM akan segera dibuka. Tes CPNS akan dibuka secara resmi oleh dua instansi pemerintahan tersebut pada tanggal 1 Agustus 2017.

Tentunya banyak peserta yang akan mengukiti Tes CPNS yang akan diadakan oleh MA dan Menkumham ini. Pasalnya terdapat total 19.210 kursi yang disediakan yakni 1.684 untuk CPNS Mahkamah Agung dan 17.962 kuris untuk Menkumham.

Maka dari itu untuk palamar yang akan mendaftar CPNS supaya mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan mulai sekarang. Dalam laman resmi Kementeria Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi (PANRB) akan menampilkan sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh calon pendaftar.

Petama pelamar hanya diperbolehkan mendaftar satu instansi dalam periode pelaksanaan seleksi. Maksudnya pendaftar hanya boleh mendaftar satu jabatan dan satu jenis formasi dengan memilih salah satunya mulai dari Formasi Umum, Formasi Cumlaude, Formasi Disabilitas ataupun putra dan putri Papua dan Papua Barat.

Tes CPNS
Copyright ©jejamo

Contoh pelamar hanya diperbolehkan mendaftar satu instansi yakni calon pelamar yang berpendidikan S-1 Hukum yang telah mendaftar di instansi Kemenkuham tidak boleh mendaftar di MA. Kemudian pada Kemnkumham jika sudah mendaftar pada jabatan Analis Keimigrasian Pertama tidak boleh mendaftar jabatan lain seperti Analis Hukum.

Kemudian yang kedua dalam tes CPNS ini seluruhnya menggunakan sistem elektronik berbasis komputer. Peserta tak bisa mengubah pilihan pertama dan hal ini diserahkan kepada peserta untuk membaca serta memahmi secara cermat persyaratan pelamar yang telah dicantumkan.

Ketiga melakukan pengecekan persyaratan dan harus dilakukan mulai dari sekarang. Panitia menyarankan pelamar untuk menanyakan jika belum jelas dengan cara menghubungi Call Center instansi yang dituju. Kemudian mempersiapkan data secara valid dan terus memantau laman pada situs Kemenpanrab atau situs BKN.

Keempat perlu diperhatikan jika jadwal pendaftaran CPNS Mahkamah Agung dilaksanakan 1 Agustus 2017 hingga  26 Agustus 2017 ditutup pada pukul 23.59 WIB. Jadwal juga sama bagi pelamar yang ingin mendaftar dengan kualifikasi dokter spesialis, dokter umum dan S-1 di Kemenkumham.

Kemudian menjelang Tes CPNS ini dilakukan ralat laman pendaftaran karena terjadi kesalahan penulisan pengumuman di Kemenumham sebelum tanggal 13 Juli 2017. Semula bertuliskan cpns.kemenkumham.go.id dan diganti cpns.kemenkumham.go.id.

baca juga : Kemenkeu Buka Lowongan 7000 CPNS, Siapkan Diri Ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here