PKB Akan Dampingi HTI Gugat Perppu Ormas?

0
1444
Copyright©Aktual

PKB Akan Dampingi HTI Gugat Perppu Ormas?

Indowarta.com– Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa yakni Muhaimin Iskandar ini telah mengatakan bahwa pihaknya menghormati apa  yang sudah menjadi keputusan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) untuk menggugat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 mengenai Organisasi Kemasyarakatan (ormas). Bahkan dirinya telah membuka peluang untuk mendampingi HTI di dalam memahami Perppu tersebut.

Muhaimin di kantor DPP PKB, Jakarta pada hari Mingu 23 Juli 2017 ini telah mengatakan “Saya hormati HTI, kalau perlu kami siap dampingi HTI untuk menguji hak-hak hukumnya, mengundang ke sini supaya tidak salah paham dengan Perpu yang memang berkenaan dengan prinsip negara”.

Sebelumnya Kementerian Hukum dan HAM ini telah mencabut status badan hukum dari organisasi Hizbut Tahrir Indonesia. Kementerian punt telah berpendapat bahwa memiliki wenangan lega administratif terhadap ormas setelah diterbitkannya Perppu Ormas.

Pihak dari HTI sendiri kini sudah resmi mengajukan uji materi atau judicial review Perppu Ormas ke Mahkamah Konstitusi. Yusril Ihza Mahendra yang merupakan kuasa hukum dari HTI ini telah mengatakan bahwa uji materi yang diajukan ialah mengenai Perppu Nomor 2 Tahun 2017 mengenai Perubahan Atas Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 mengenai Organisasi Masyarakat.

Muhaiman Iskandar telah mengatakan bahwa partainya ini harus melakukan diskusi dengan pemerintah untuk pelaksanaan Perppu Ormas. Muhaimin menyebutkan bahwa hal ini karena banyak yang telah menganggap munculnya dari Perppu ini telah melanggar Hak Asasi Manusia untuk berdemokrasi. Muhaimin mengatakan “Jadi akan terus berdiskusi dan proses di DPR dan pemerintah, kita semua membuka dialog agar tidak membunuh hak asasi manusia”.

Disisi lain, polisi belum mengaku bahwa pihaknya telah menerima laporan terkait dengan rencana aksi 287 yang akan digelar oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI atau yang dikenal dengan GNPF MUI. Rencananya aksi tersebut akan digelar pada28 Julli 2017.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Asep Guntur Rahayu pada saat dihubungi pada hari Mingu 23 Jul2017 ini telah mengatakan “Kami belum terima, mungkin Senin dari Polda”.

baca juga : 

Berita Terkini: Uji Materi Perppu Ormas Terus Dilakukan Pasca HTI Dibubarkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here