Begini Prosedur Ubah Nama di Kartu BPJS Kesehatan!

0
658
BPJS Kesehatan
Copyright©tribunpontianak

Begini Prosedur Ubah Nama di Kartu BPJS Kesehatan!

Indowarta.com – Sering kali peserta menemui kesulitan dalam sistem yang ada di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sering kali kita menemui pada kartu BPJS Kesehatan memperlihatkan tulisan nama yang salah ataupun kurang penulisanya.

Sering kali pada identitas BPJS Kesehatan dan identitas kita tak sama dengan akta maupun kartu keluarga. Lalu bagaimana cara melakuan pembaruan kartu BPJS? Apa yang harus dilakuan peserta BPJS Kesehatan untuk mengubah identitas yang salah?

Menurut informasi jika mendapatai kesalahan penulisan atau pencetakan nama identitas di dalam kartu BPJS silahkan melakukan pembaruan di Kantor BPJS terdekat.  Jika akan datang ke kantor untuk melakukan pembaruan tersebut juga diharuskan membawa sejumlah syarat untuk memperbarui identitas yang salah.

Persyaratan tersebut yakni peserta diharapkan membawa kartu BPJS yang lama, akta kelahiran, KTP ataupun Kartu Keluarga (KK). Kemudian setelahnya temui petugas yang ada di kantor BPJS serta lakukan pengurusan dokumen perubahan ke petugas.

BPJS Kesehatan
Copyright©panduanbpjs

Proses pemabaruan identitas yang salah dalam BPJS Kesehatan ini juga tidak memakan waktu yang lama. Dengan sekali update dan dibantu oleh petugas yang ada proses pembaruan bisa langsung selesai pada saat itu juga. Dan Perlu diketahui jika pengurusan administrasi tidak di pungut biaya sepeserpun dari peserta.

Sementara itu peserta BPJS yang telah aktif setelah melakukan pembayaran akan mendapatkan kartu ini sebagai tanda pengenal resmi terdaftar sebgai peserta. Namun tak jarang pula pada kartu yang bertuliskan Nomor Peserta, Nama Lengkap, KTP dan Fakses 1 ini didapati kekliruan dalam penulisan.

Maka dari itu untuk mengatasinya peserta dianjurkan langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan teredekat. Sedangkan untuk ukuran koreksi nama ini sebelum Anda menggunakan layanan BPJS dan untuk fakses 1 (fasilitas kesehatan) juga bisa dilakukan.

Namun untuk ganti fakses pastikan jika Anda sudah terdaftar di BPJS selama tiga bulan dan selalu aktif. Sedangkan mengenai perubahan nama yang salah ini belum bisa dilakukan secara online seperti sejumlah layanan yang disediakan oleh BPJS.

Dengan ini jika Anda yang telah tergabung dalam BPJS Kesehatan dan mendapati penulisan identitas yang salah jangan khawatir. Langsung saja datangi kantor BPJS terdekat dengan membawa identitas yang benar seperti yang ada di KTP maupun KK untuk dilakukan pembenahan.

baca juga : Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan yang Musti Anda Kuasai!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here