Rambu Rambu Materi Soal Tes CPNS Kemenkumham dan MA!

0
2469
Tes Soal CPNS
Copyright ©tribunkaltim

Rambu Rambu Materi Soal Tes CPNS Kemenkumham dan MA!

Indowarta.com – Pemerintah telah mengumumkan secara resmi pembukaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan mulai dibuka tanggal 1 Agustus 2017.  Peserta harus meyelesaikan Soal Tes CPNS telebih dahulu untuk bisa lolos ke 19.210 kursi yang disediakan oleh dua instansi yakni Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA).

Untuk CPNS MA akan disediakan sebanyak 1.684 kursi dan 17.962 kursi untuk Kemenkumham. Pendaftaran online secara resmi akan dibuka mulai taggal 1 Agustus hingga 26 Agustus 2017 mendatang. Maka dari itu untuk kalian para pendaftara segera siapkan berkas-berkas mulai sekarang sekaigus memerhatikan beberapa hal agar lolos dalam mengerjakan Soal Tes CPNS nanti.

Supaya nantinya mudah mengrjakan Soal Tes CPNS peserta haruslah mencermati apa yang diinginkan oleh soal tersebut. Selain itu sebelumnya peserta juga harus menuhi syarat-syarat mulai dari pendaftaran dan persyaratan lainnya yang sudah ditetapkan agar lolos seleksi administasi.

Pemerintah telah menetapkan Soal Tes CPNS menjadi tiga kelompok materi soal Standart Kompetensi Dasar (SKD). Ketiga soal tersebut diantaranya Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

CPNS 2017
Copyright ©tempo

Mengenai hal ini juga dijelaskan oleh Kepala Bagian Komunikasi Publik Kemeterian PANRB, Suwardi. Dia mengatakan supaya lolos tes ke tahap berikutnya peserta tes CPNS haruslah lolos terlebih dahulu dari ambang batas (passing grade) yang sudah ditetapkan.

Maka dari itu peserta dihimbau supaya mempersiapkan diri mempelajari kisi-kisi soal tes yang telah ditetapkan oleh Kementeria PANRB. Untuk tes wawancara (TWK) penilaian penguasaan,penegtahuan dan kemampuan mengimplementasi nilai yang terkandung dalam 4 pilar kebangsan Indonesia. Keempatnya yakni Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sedangkan tes intelegasi umum (TIU) akan dinilai kemampuan verbal yakni kemampuan informasi secara lisan maupun tulisan. Tes ini juga akan menguji kemampuan numerik dengan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubunagn antara angka-angka.

Kemudian tes Soal CPNS untuk tes karakteristik pribadi (TKP) akan dinilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativiats dan inovasi serta banyak yang lainnya. Setelah lulus ketiga tes ini peserta juga akan masih harus mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

baca juga : Berbagai Hal yang Wajib Diketahui Soal Tes CPNS di MA dan Kemenkumham!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here