Berita Terkini : Rona Kegembiraan Terpancar Dari Jokowi Kala Umumkan Pembebasan 4 Sandera Abu Sayyaf Berhasil Dilakukan !

0
905
sandera Abu Sayyaf

Berita Terkini : Rona Kegembiraan Terpancar Dari Jokowi Kala Umumkan Pembebasan 4 Sandera Abu Sayyaf Berhasil Dilakukan !

indowarta.com– Empat Warga Negara Indonesia Anak Buah Kapal (ABK) Tug boat Henry yang merupakan sandera Abu Sayyaf telah dibebaskan. Sejak pertengahan bulan Maret lalu mereka sudah menjadi sandera Abu Sayyaf faksi Alden Bagade. Faksi ini dulu juga pernah menyandera warga Malaysia.

Melalui jumpa pers di istana Negara pada hari Rabu 11 Mei 2016 kemarin presiden Joko Widodo telah mengumumkan pembebasan empat WNI sandera Abu Sayyaf. Dalam jumpa pers tersebut Jokowi juga didampingi oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan juga Menteri luar Negeri Retno Marsudi.

Proses pembebasan empat WNI sandera Abu Sayyaf ini tidak mudah. Pembebasan ini memakan waktu yang tidak sedikt sama seperti pembebasan 10 WNI yang terdahulu. Dalam pembebasan ini juga melibatkan tokoh yang dihormati di Filipina Selatan yaitu Nur Msiuari.

sandera Abu Sayyaf

Walaupun menurut kabar yang bereda ada uang tembusan yang dibayarkan sebagai ganti biaya hidup. Jumlahnya lebih besar dari pada 10 WNI yang terdahuolu. Untuk empat WNI sandera Abu Sayyaf ini disebut-sebut mencapai angka diatas Rp 20 mililar. Namun hal ini masih belum mendapatkan konfirmasi dari sumber yang resmi.

Saat mengumkan kebebasan empat WNI sandera Abu Sayyaf itu Jokowi menegaskan bahwa pembebasan tersebut atas koordinasi dengan pemerintah Filipina. Jokowi sama sekalli tidak menyinggung mengenai penebusan tersebut.

Pada dini hari tadi empat WNI sandera Abu Sayyaf ini berhasil dibebaskan. Selanjutnya empat WNI sandera Abu Sayyaf tersebut dibawa dari wilayah kekuasaan Alden Bagade di Barangay, Indananm Pulau Jolo ke wilayah MNLF di kepulaaun Sulu dan kemudian diserahkan ke pihak Indonesia. MNLF sendiri merupakan pasukan di bawah komando Nur Misuari.

Setelah melalui proses pemeriksaan keamanan oleh Pemerintah Filipina, empat WNI sandera Abu Sayyaf ini akan segera dipulangkan menuju Indonesia. empar WNI sandera Abu Sayyaf tersebut adalah M Aryanto Misnan 22 tahun, Lorens Marinus Petrus Rumawi, Dede irfan Hilmi dan Samsir.

baca juga :

Berita Terkini : Jusuf Kalla Berharap 4 Sandera Korban Abu Sayyaf Segera Dibebaskan !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here