Usai Dilakukan Penggerebekan, Beras Maknyus Masih Beredar di Pasar Tradisional!

0
517
Beras Maknyus
Copyright ©tirto

Usai Dilakukan Penggerebekan, Beras Maknyus Masih Beredar di Pasar Tradisional!

Indowarta.com – Beberapa waktu lalu pihak kepolisian melakukan penggerebekan di gudang beras unggul merek Beras Maknyus di daerah Bekasi, Jawa Barat. Namun setelah penggerebekan tersebut masih saja ditemukan peredaran beras jenis ini di pasar-pasar tradisional di daerah tersebut.

Beras Maknyus produksi PT Indo Beras Unggul (IBU) dengan kemasan 5 kilogram masih ditemukan beredar di pasar tradisional. Para pedagang yang telah melihat berita penggerebekan terkait keberadaan beras jenis itu pun berencana mengembalikan ke pihak kepolisian.

Pedagang akan mengembalikan beras tersebut jika pemerintah mengeluarkan kebijakan beras yang diproduksi PT Indo Beras Unggul dilarang peredarannya. Pedagang pun juga menagatakan jika beras yang diproduksi oleh PT IBU ini kurang laku di pasar tradisional. Pasalnya harga beras ini tergolong lebih mahal dibandingkan dengan jenis beras lainnya.

Sedangkan informasi menyebutkan jika Beras Maknyus ini masih beredar dan masih dijual para pedagang di Pasar Palmerah, Jakarta Barat. Menurut informasi yang diperoleh beras dengan kemasan 5 kilogram itu dijual seharaga Rp 65 ribu per kemasan.

Beras Maknyus
Copyright ©liputan6

Komisis Utama PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk Anton Apriyantono ikut angkat bicara terkait penggerebekan beberapa waktu lalu. Dia menyanggah jika anak perusahaanya PT Indo Beras Unggul telah melakukan pengoplosan beras jenis Ir 64 dengan beras lain.

Anton yang juga merupakan mantan Menteri Pertanian ini merasa kecewa dengan petugas yang secara tiba-tiba melakuan penggerebekan. Padahal menurutnya anak perusahaannya tersebut mematuhi peraturan dan tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pada Jumat, 21 Juli 2017 kemarin Satgas Pangan melakukan penggerebekan terkait informasi adanya praktik kecurangan ini. Satgas akhirnya mendatangi dan membongkar praktik curang yang dilakukan oleh PT Indo Beras Unggul di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Produsen yang memproduksi Beras Maknyus ini dianggap telah melakukan penipuan dengan menjual beras bersubsidi menjadi beras premium supaya mendapatkan untung besar. Sebelum dilakukan penggerebekan sendiri pihak terkait telah mendapatkan informasi dari sejumlah pihak jika perusahaan ini telah membeli gabah dari petani dengan harga yang tak sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat pemerintah.

baca juga : Gudang Beras Maknyus yang berada Di Bekasi Di Satroni Bareskrim!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here