Daftar Haji Sekarang, 15 Tahun Baru Berangkat!

0
1650
haji
Copyrigth ©RRI

Daftar Haji Sekarang, 15 Tahun Baru Berangkat!

Indowarta.com – Daftar tunggu keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) di Bangka Belitung kini sudah penuh hingga tahun 2031 mendatang. Itu artinya masyarakat yang baru saja mendaftar untuk menunaikan ibadah haji tahun 2017, harus bersabar dan menunggu 15 tahun untuk berangkat ke tanah suci.

Hal itu juga disampaikan oleh kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kementerian Agama Bangka Blitung Sugiyo, masih ada lebih dari 15 ribu calon jamaah haji yang mengunggu waktu keberangkatan.

Jumlah itu makin meningkat karena pertumbuhan ekonomi masyarakat membaik dan keinginan masyarakat untuk menunaikan ibadah rukun islam kelima tersebut semakin besar.

Sugiyo mengatakan saat ini kuota Jemaah haji Bangka Bleitung mengalami peningkatan dari 704 jemaah di tahun 2016 lalu menjadi 904 jemaah di tahun 2017 atau kembali ke kuota normal Bangka Belitung setelah empat tahun berturut-turut terpotong 20% karena perbaikan komplek Masjidil Haram.

haji
Copyrigth ©Percikan Iman

Sugiyo menambahkan, calon Jemaah haji Bangka Belitung yang berangkat ke tanah suci tahun ini sebanyak 904 orang dan ditambah 158 orang tambahan kuota dari kerajaan Arab Saudi. Jadi total yang berangkat tahun ini ada 1062 orang. para Jemaah nanti akan didampingi oleh 7 orang tim pendamping.

CJH Bangka Belitung masuk dalam kloter 6,7 dan 8 jemaah haji Indonesia yang keberangkatannya mulai tanggal 8-10 Agustus 2017 ke embarkasi Palembang.

CHJ Indonesia untuk kloter pertama akan diberangkatkan pada 28 Juli 2017 dan kepulangannya mulai 6 September 2017. Untuk permukimannya, pemerintah telah menyiapkan hotel bintang tiga di Mekkah dengan jarak penginapannya sekitar 4,5 kilometer ke Masjidil Haram.

Untuk keperluan ibadah haji tersebut, juga telah disiapkan bus sebagai transportasi selama 24 jam. Di Madinah, jamaah akan menginap di hotel yang berkelas sama dengan di Mekkah. Hanya saja jaraknya lebih dekat dengan pusat pelaksanaan ibadah haji, yakni 1100 meter.

Setiap tahunnya juga selalu terjadi perbaikan dan peningkatan pelayanan. Hal ini sesuai dengan tuntutan masyarakat yang dari tahun ke tahun makin tinggi. Selama menjalani ibadah haji, maskapai penerbangan, yakni Garuda Indonesia akan menyediakan tiga tas bagi jamaah, yakni tas bagasi, tas kabin dan tas paspor.

Baca Juga Kisah Hari Sosok Nenek Pemulung dan Pemijaat Asal Lamongan yang Berangkat Haji Tahun Ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here