Tata Cara dan Doa Qunut Nazilah, Sesuai dengan Himbauan MUI Bantu Doakan Al Aqsa!

0
1385
Qunut Nazilah
Copyright©kumpulan shalat dan doa

Tata Cara dan Doa Qunut Nazilah, Sesuai dengan Himbauan MUI Bantu Doakan Al Aqsa!

Indowarta.com – Diketahui jika saat ini situasi memanas di masjid Al Aqsa tengah terjadi karena Israel menutup kawasan masjid tersebut. Maka dari itu himbauan untuk melantunkan Qunut Nazilah terus berkumandang termasuk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Doa tersebut diperuntukan untuk saudara kita di Palestina yang tengah dihujani bom oleh Israel.

Qunut Nazilah sendiri merupakan salah satu doa yang khusus dibacakan dalam sholat ketika umat muslim sedang mendapatkan bencana, wabah, peperangan dan lainnya. Doa itu sendiri juga selalu dibaca oleh Rasulullulah SAW dan sahabatnya ketika dilanda musibah seperti terjadi peperangan.

Membaca doa ini juga mempunyai aturan dan tata caranya sendiri. Doa ini dapat dibaca pada saat I’tidal (berdiri sesudah rukuk) terakhir dalam sholat.  Doa ini dibacakan setiap kali sholat fardhu lima waktu bila kita mendapatai saudara-saudara seumat kita tengah mengalami musibah atau cobaan dari Allah SWT.

Doa Qunut Nazilah ini dibacakan sebagai bentuk solidaritas kita sebagai umat muslim dengan saling mendoakan agar apapun yang buurk segera dihilangkan oelh Allah SWT. Maka dari itu kita seharusnya memang membaca doa ini dimanapun berada.

Qunut Nazilah
Copyright©mahjubin

Dalam tulisan latin berbunyi :

‘Allahummaghfir lanna walilmu’miniina walmu’minaati walmuslimiina walmuslimaati wallip baena quluubihim wa aslih dzata bainihim wansyahurhum ‘alaa ‘adzuwwika wa’adzuwwihim.

Allohummal’an kaparot ahlal kitaabi alladziina yashudduuna ‘an sabiilika wayukadzibuuna rusulaka wayuqootiluuna auliyaaaika.

Allohumma khollip baen kalimihim wazalzil iqdaamahum wainzil bihim ba sakalladzii latarudduhuu ‘anilqaumil mujrimiin’.

Artinya : Ya Allah! Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Persatuanlah mereka. Perbaikilah hubungan diantara mereka dan menagkanlah mereka atas musuh-MU dan musuh mereka.

Mengucapaan Qunut Nazilah ini juga memepunyai sejumlah ketentuan yang harus dilakuan oleh umat muslim. Mulai dari diakuan jika ada bala atau bencana, dilakuan dalam shalat fardhu lima waktu, dikerjakan setelah bangun dari ruku’ (iktidal pada rakaat shalat terakhir), imam mengeraskan suara doa ini dan makmum mengamini serta disunnatkan mengangkat kedua tangan.

Doa ini dilakuan pada saat ada bencana, musibah atau peperangan seperti yang terjadi di Al Aqsa saat ini dan jika tak ada semua itu maka tidak disyariatkan melakukan doa ini. Doa ini dilakuan seperti shalat wajib subuh namun dilakukan pada setiap sholat fardhu dan mempunyai lafadz doa sendiri.

baca juga : Runtutan Kejadian dalam Sepekan yang Terjadi di Al Aqsa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here