Detektor Masjid Al Aqsa Sudah Dicopot, Bagaimana Nasib Warga Palestina?

0
253
Copyright©Liputan6

Detektor Masjid Al Aqsa Sudah Dicopot, Bagaimana Nasib Warga Palestina?

Indowarta.com – Ketegangan yang beberapa hari terakhir terjadi di Jerusalem diharapkan mulai menurun setelah pemerintah Israel memutuskan untuk membongkar detector logam yang terpasang di pintu masuk masjid Al Aqsa.

Pasukan Israel tampak membongkar satu per satu alat pendetksi logam di sejumlah gerbang masuk menuju Masjid Al-Aqsa. Pembongkaran tersebut merupakan hasil dari rapat kabinet keamanan Israel yang memutuskan menggunakan teknologi lain.

Sebagai solusi alternatif untuk pemeriksaan tanpa perlu menggunakan detector metal, Israel akan mengguanakn kamera beresolusi tinggi yang dapat mendeteksi benda-benda tersembunyi.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengkonfirmasi bahwa kabinetnya telah menerima rekomendasi dari semua badan keamanan Israel untuk mengaplikasikan teknologi pengamanan yang lebih canggih dan tindakan lainnya, bukan lagi detector logam.

Masjid Al Aqsa
Copyright©republika

Meski alat pendeteksi logam itu telah dibongkar, namun sejumlah warga muslim Jerusalem masih merasa kurang puas, mereka juga menentang pemasangan kamera pengawas di Masjid Al Aqsa lantaran dianggap mengganggu ibadah.

Selain itu, warga muslim Palestina belum diberi keleluasaan masuk ke dalam masjid, dan kembali menunaikan shalat di luar area masjid. Selain itu warga Palestina juga akan tetap menggelar unjuk rasa di sekitar kompleks Haram Al-Sharif sampai situasi Al Aqsa kembali normal tanpa intervensi dari Israel.

Sementara itu, meski detector logam telah dilepas, namun para analis dan pengacara mengatakan bahwa CCTV atau kamera pengawas merupakan ancaman yang lebih besar bagi orang-orang Palestina. Alat yang dipasang di kompleks masjid suci itu dianggap sebagai pelannggaran lain terhadap hukum internasional.

Diketahui, polemic di kawasan suci itu terjadi setelah aksi penembakan terhadap dua polisi Israel, oleh tiga orang keturunan Arab. Ketiga pelaku sempat melarikan diri dan lalu ditembak mati di pelataran Masjid Al Aqsa, pada Jumat pagi 14 Juli 2017 lalu.

Setelah insiden itulah otoritas Israel menerapkan pengamanan ekstra ketat di kawasan situs suci yang oleh umat Muslim disebut Haram al-Sharif dan orang Yahudi menyebut sebagai Bukit Kuil

Masjid Al-Aqsa adalah bagian dari situs itu dan kerap menjadi lokasi bentrokan antara warga Palestina dan Polisi Israel, namun tembakan senjata api jarang terjadi di sana.

Baca Juga Al Aqsa yang Kini Seakan ‘Terabaikan’ Oleh Mata Dunia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here