Minta Utamakan Pelamar Lokal, Pelaksanaan CPNS Harus Transparan!

0
550
CPNS
Copyright©blogger

Minta Utamakan Pelamar Lokal, Pelaksanaan CPNS Harus Transparan!

Indowarta.com – Kali ini pemerintahan Indonesia dari sejumlah instansi membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebelumnya diketahui jika informasi pendaftaran CPNS telah dibuka untuk Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA).

Kali ini pelaksanaan seleksi CPNS pun nampaknya juga akan dilakukan di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemproov) Kalimantan Utara. Direstuinya pelaksanaan seleksi CPNS 2017 ini pun disabut dengan baik oleh anggota legislatif.

Hal ini disambut dengan baik karena tidak semua daerah mendapatkan kebijakan pengecualian monatorium oleh pemerintah. Dan pelaksanaan seleksi yang dicanangkan pemerintah ini memberlakukan khusus untuk daerah Kalimantan Utara dan Papua Barat.

Mengenai pernyataan ini juga ditanggapi oleh Anggota Komisi II DPRD Kaimantan Utara, Norhayati Andris. Dia mengatakan jika pengecualian monatorium ini telah dinantikan, bahkan sejak tahun sudah dinantikan oleh para pencari kerja di daerahnya.

CPNS
Copyright©tribunnews

Norhayati menambahkan pada pelaksanaan seleksi CPNS ada kebijakan khusus untuk calon pendaftar dari Kaimantan Utara yang membutuhkan pekerjaan. Dari itulah dia mengharapkan pula pemerintah daerah Kalimantan Utara untuk memerhatikan calon pendaftar dengan memberikans sejumlah bimbingan sebelum tes dilakukan.

Kami berharap dalam pelaksanaan seleksi nanti ada kebijakan khusus untuk putra/putri Kalimantan Utara yang tengah membutuhkan kerja. Sebaiknya dengan ini pemerintah memberikan bimbingan khusus seperti tes pembelajaran sebelum tes dibuka dan dimuali’ ujarnya saat ditemui pada Selasa, 25 Juli 2017.

Menurutnya pemberian batuan berupa bimbingan ini cukup penting karena dengan ini pastinya akan berpengaruh terhadap pencapaian pelamar. Mereka calon pendaftar akan lebih familiar atau lebih siap menghadapai kompetisi dengan berbagai tes yang sudah ditetapkan.

Norhayati sendiri yakin jika dilakukan bimbingan ini akan membuat nilai pelamar dari lokal diatas pasing grade yang ditentukan. Dia juga mengapresiasi porsi lulusan SMA/SMK dalam penerimaan CPNS 2017 ini karena tak sedikit dari mereka yang bisa melanjutkan ke pendidikan perguruan tinggi.

Ketua Komisis IV DPRD Kalimantan Barat, Asnawi Arbain pun mengingatkan jika pelaksanaan CPNS akan tetap dilakukan secara transparan. Hal itu dilakukan dengan harapan supaya melahirkan aparatur sipil negara yang dapat bekerja secara profesional dan memiliki integritas tinggi.

baca juga : Rambu Rambu Materi Soal Tes CPNS Kemenkumham dan MA!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here